Pemda Luwu Utara

Sembilan Desa dan Dua Kelurahan di Lutra Dapat Dana Hibah Rp 1,3 M

Suriadi
Suriadi

Kamis, 08 Juni 2023 17:57

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani

Trotoar.id, Luwu Utara,– Dengan total anggaran Rp. 1.374.000.000 sebanyak 9 Desa dan 2 kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan yang ada di kabupaten Luwu utara mendapatkan program hibah air limbah setempat (HALS) untuk tahun 2023.

Hal itu di sampaikan Bupati Luwu utara, Indah Putri Indriani saat membuka kegiatan sosialisasi HALS, Rabu 07/06/2023, bertempat di Aula kantor Bappelitbangda.

Indah menuturkan kehadiran program ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam upaya pemenuhan akses sanitasi layak dan aman.

“Selain upaya pemenuhan aksi askses sanitasi layak dan aman, Sejak awal program ini memang masuk ke dalam misi ke empat program unggulan pemkab luwu utara tahun 2021-2026 yakni BISA Maju (Pemenuhan Infrastruktur Secara Berkelanjutan),”Bebernya.

Program ini merupakan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), artinya pemberdayaan masyarakat menjadi yang utama di dalam pelaksanaannya, oleh sebab itu kehadiran pemerintah kecamatan dan desa pada sosialisasi hari ini di harapkan mampu mengoptimalkan partisipasi masyarakat,”Pintanya.

Bercermin dari beberapa kelemahan tahun-tahun sebelumnya, kami berharap
dengan pelibatan Pemerintah Desa secara aktif, pembangunan infrastruktur
sanitasi melalui Program Hibah ALS ini akan menghasilkan output dan
outcome yang lebih baik dan tepat sasaran, baik dari segi konstruksi maupun
pemanfaatannya.

“Kita sama sama tidak menginginkan bahwa kegiatan ini hanya menjadi tanggungjawab Fasilitator/TFL, KSM dan pemanfaat saja, Melainkan bahwa kegiatan ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah dan masyarakat secara keseluruhan, Untuk itu, dengan koordinasi terpadu dan berjenjang kita sama-sama berharap potensi permasalahan di lapangan dapat diminimalisir,”Terangnya.

Walaupun Pemerintah Kecamatan dan Desa tidak terlibat secara langsung dalam
konstruksi kegiatan ini, tetapi dengan kewenangan masing-masing, kita dapat
menstimulasi penerima manfaat untuk memaksimalkan sarana sanitasi yang
ada, baik ketika dalam proses pekerjaan maupun dalam pemanfatannya,”Tutupnya

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....