Pemda Luwu

Upacara Hari Pahlawan, Basmin: Kita Ini Penikmat Kemerdekaan

Fadli
Fadli

Jumat, 10 November 2023 19:20

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 yang berselenggarakan di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jum'at (10/11/2023).
Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 yang berselenggarakan di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jum'at (10/11/2023).

Trotoar.id, Luwu – Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 yang berselenggarakan di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jum’at (10/11/2023).

“Di kiri kanan kita ini ada spanduk Andi Djemma dan Opu Daeng Risaju, pahlawan dari Tanah Luwu yang mengorbankan jiwa raganya untuk kita semua. Kenapa kita tidak bersedih meneteskan air mata, sesaat mengenang hari pahlawan ini,” ujar Basmin saat menyampaikan sambutan.

Basmin pun mengajak seluruh peserta upacara untuk dapat menghayati dan menghargai perjuangan para pahlawan demi Kemerdekaan Indonesia.

“Upacara Hari Pahlawan adalah untuk mengenang perjuangan nenek moyang kita, mari kita hargai. Kita ini penikmat kemerdekaan, jika cuma berjemur 1 jam saja kita sudah tidak tahan, apalagi kalau kita disuruh angkat senjata,” tegas Basmin.

Selanjutnya, Basmin Mattayang membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini bahwa tema peringatan Hari Pahlawan kali ini adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.”

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata,” jelasnya.

Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola keyaan alam dan juga potensi penduduk indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta,” ungkap Basmin.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Luwu bersama Forkopimda dan peserta upacara melanjutkan apel dan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Belopa dan dilanjutkan menabur bunga di makam sejumlah pahlawan.

Penulis : Any

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....