Pemd Luwu

Bupati Luwu Basmin Mattayang Memperingatkan Pentingnya Pembayaran Zakat saat Melantik UPZ Tingkat Desa

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 10 Februari 2024 17:31

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd, melantik Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat desa se-Kabupaten Luwu di Aula Andi Kambo, kompleks perkantoran Pemkab Luwu pada Sabtu (10/2/2024).
Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd, melantik Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat desa se-Kabupaten Luwu di Aula Andi Kambo, kompleks perkantoran Pemkab Luwu pada Sabtu (10/2/2024).

Trotoar.id, Luwu — Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd, melantik Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat desa se-Kabupaten Luwu di Aula Andi Kambo, kompleks perkantoran Pemkab Luwu pada Sabtu (10/2/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Luwu menegaskan bahwa kewajiban membayar zakat merupakan aspek penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, karena tujuan utama dari zakat adalah membantu mereka yang membutuhkan, terutama kaum fakir, miskin, dan dhuafa. Zakat juga bertujuan untuk mengurangi kesenjangan sosial.

“Perintah menunaikan zakat ini selalu disandingkan dengan perintah mendirikan sholat. Membayar zakat juga merupakan rukun Islam,” kata Basmin Mattayang.

Sebagai pemimpin daerah, Basmin menganggap bahwa dirinya memiliki tanggung jawab moral untuk mengingatkan seluruh masyarakat Kabupaten Luwu tentang pentingnya menunaikan zakat.

“Kita memiliki tanggung jawab moral untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Luwu untuk melaksanakan kewajibannya menunaikan zakat. Mari kita bergerak bersama mengingatkan masyarakat, agar mereka tidak masuk neraka hanya karena lalai membayar zakat,” ujarnya.

Basmin juga menekankan bahwa kehadiran Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Luwu merupakan perpanjangan tangan Bupati untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kewajiban membayar zakat.

“Tugas mengumpulkan zakat itu sangat besar amalannya. Olehnya itu, patut disyukuri dan laksanakan tugas dengan ikhlas karena kita terpilih menjalankan amanah sebagai pengumpul zakat,” tutupnya.

Ketua Baznas Kabupaten Luwu, Drs. Ismail Ibrahim, menyebutkan bahwa UPZ tingkat desa kali ini dihadiri oleh 110 orang yang berasal dari 8 kecamatan, antara lain kecamatan Larompong Selatan, Suli Barat, Bajo, Bajo Barat, Kamanre, Latimojong, Ponrang Selatan, dan Bua.

“Kami telah membentuk UPZ desa di 22 kecamatan, dan hari ini dilantik UPZ desa dari 8 kecamatan,” ucap Ismail.

Penulis : Any

 Komentar

Berita Terbaru
News26 Februari 2024 16:41
Hadiri RAT Koperasi Berkat, Andi Makkasau Puji Kinerja Bupati Andi Utta
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk Tahun Buku 2023, di Ballroom Ammatoa Hotel Agri Bulukumba....
Politik26 Februari 2024 16:36
Nasdem Mendominasi Perolehan Suara, PKB, PDIP, PAN Gagal Raih Kursi di Dapil Sulsel 9
Persaingan politik di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) 9 yang terdiri dari tiga kabupaten Pinrang, Sidrap dan Enrekang  harus mener...
Politik26 Februari 2024 16:17
Sejumlah Anggota DPRD Sulsel Akan Melenggang di Pilkada Serentak Tahun 2024
Pilkada Serentak tahun 2024 semakin mendekat, dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah mulai bersiap...
Politik26 Februari 2024 16:00
Pemilu Belum Usai, Partai Politik Segera Hadapi Pilkada Serentak
Meskipun suasana pemilu masih terasa di udara, partai politik di seluruh Indonesia sudah bersiap-siap untuk menghadapi tahapan penting berikutnya, Pem...