Pemda Gowa

Pemerintah Kabupaten Gowa Tanam 8.000 Pohon untuk Memperingati Hari Bumi Sedunia

Awal Nur
Awal Nur

Senin, 22 April 2024 15:29

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penanaman pohon sebanyak 8.000 pohon pada tiga titik yakni di Danau Mawang, DAS Jeneberang, dan Lahan Kritis Kecamatan Tombolo Pao pada Senin (22/4).
Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penanaman pohon sebanyak 8.000 pohon pada tiga titik yakni di Danau Mawang, DAS Jeneberang, dan Lahan Kritis Kecamatan Tombolo Pao pada Senin (22/4).

Trotoar.id, Gowa – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penanaman pohon sebanyak 8.000 pohon pada tiga titik yakni di Danau Mawang, DAS Jeneberang, dan Lahan Kritis Kecamatan Tombolo Pao pada Senin (22/4).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menjelaskan bahwa penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi daerah dalam memperingati Hari Bumi Sedunia. Dia menyatakan, penanaman pohon secara serentak di tiga lokasi tersebut adalah upaya untuk memulihkan iklim yang mengalami perubahan drastis.

“Penanaman pohon hari ini merupakan bagian dari upaya kita untuk memulihkan lingkungan yang telah mengalami perubahan yang signifikan. Meskipun hasilnya tidak akan terlihat dalam waktu singkat, namun kita percaya bahwa ini adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik dalam 10 atau 15 tahun ke depan,” ujarnya.

Pemkab Gowa tidak hanya melakukan penanaman pohon dalam peringatan Hari Bumi, tetapi juga secara rutin melakukan kegiatan tersebut setiap tiga bulan sekali di daerah lahan kritis, khususnya di dataran tinggi seperti Tombolopao dan Tinggimoncong.

“Konsistensi dalam penanaman pohon setiap tiga bulan sekali merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa. Kita yakin bahwa apa yang kita tanam hari ini akan memberikan manfaat di masa yang akan datang, terutama dalam hal produksi oksigen yang sangat penting bagi kita semua,” tambahnya.

Adnan menekankan pentingnya menjaga dan memastikan bahwa pohon-pohon yang ditanam hari ini tumbuh dengan baik. Dia berharap agar semua pihak dapat bertanggung jawab dalam merawat pohon-pohon tersebut agar dapat tumbuh subur dalam waktu yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis, menjelaskan bahwa penanaman ini melibatkan seluruh ASN, TNI, Polri, BUMD, BUMN, dan dunia usaha di Kabupaten Gowa. Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, serta menjaga sistem penyangga kehidupan dan pelestarian lingkungan hidup.

Penanaman pohon tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, para pimpinan SKPD, serta Camat Lingkup Pemkab Gowa.

Penulis : Lutfi

 Komentar

Berita Terbaru
Metro08 September 2024 00:05
Ribuan Warga Biringkanayya Sambut Kehadiran Andi Seto dan Rezki
Makassar, Trotoar.id – Dukungan dari kader Partai Gerindra terhadap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa dan Rezki...
Metro07 September 2024 23:58
Dies Natalis Ke-68 Unhas, Penjabat Gubernur Sulsel: Menuju World Class University
Makassar, Trotoar.id – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-6...
Politik07 September 2024 19:41
Rezki Mulfiati Lutfi Dekat dengan Warga Makassar lewat Politik Riang Gembira
Makassar, Trotoar.id – Rezki Mulfiati Lutfi, calon Wakil Wali Kota Makassar, terus menarik perhatian masyarakat Kota Makassar dengan pendekatan poli...
Metro07 September 2024 19:33
Sekretaris DPRD Makassar Pandu Gladi Bersih Pelantikan 50 Anggota Terpilih
Makassar, Trotoar.id,  – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar gladi bersih pelantikan 50 anggota terpilih periode 2024-2029, Sabtu (7/9/2024), ...