Awal

Sekretariat DPRD Sulsel Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar Untuk Baju PDH dan Pin Emas Anggota DPRD yang Baru

Fadli
Fadli

Senin, 10 Juni 2024 15:22

Demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPRD Sulsel, Kamis (28/10). / alam/trotoar
Demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPRD Sulsel, Kamis (28/10). / alam/trotoar

Trotoar.id, Makassar – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk pengadaan Baju PDH dan dua keping pin emas bagi anggota DPRD Sulsel periode 2024-2029.

Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Dewan DPRD Sulsel, M. Jabir, kepada wartawan di DPRD Sulsel, Senin, 10 Juli 2024.

“Untuk pakaian PDH dan pin emas dua keping seberat 8 gram disiapkan anggaran sebesar kurang lebih Rp 1 miliar,” kata M. Jabir.

Menurut M. Jabir, masing-masing anggota terpilih akan mendapatkan satu setel pakaian dinas harian (PDH) dan pin emas 5 gram dan 3 gram.

Namun, proses pengadaan pin emas dan pakaian tersebut belum ditenderkan lantaran hasil penetapan KPU terkait nama legislator terpilih belum diserahkan ke DPRD.

“Anggaran tersebut telah disetujui melalui mekanisme yang transparan dan sesuai dengan prosedur pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pengadaan seragam dan pin emas ini merupakan bagian dari kebutuhan resmi anggota dewan yang baru terpilih,” ucapnya.

Seragam yang akan diberikan kepada anggota DPRD Sulsel terdiri dari beberapa setel pakaian resmi, termasuk pakaian dinas harian, pakaian dinas upacara, dan pakaian dinas lapangan.

Pin emas yang akan diberikan merupakan simbol keanggotaan resmi yang dikenakan saat acara-acara resmi dan kegiatan legislatif lainnya.

“Pengadaan ini bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga simbol tanggung jawab dan integritas yang diemban oleh setiap anggota DPRD. Kami ingin memastikan bahwa para anggota dewan dapat tampil representatif dan siap menjalankan tugas mereka dengan baik,” tambah M. Jabir.

Namun, pengumuman ini juga menuai beragam tanggapan dari masyarakat dan pemerhati politik di Sulawesi Selatan.

Beberapa pihak menilai bahwa anggaran tersebut terlalu besar dan dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak, seperti program-program kesejahteraan sosial dan infrastruktur.

Menanggapi hal tersebut, Andi Rahmat menjelaskan bahwa pengadaan ini telah melalui proses perencanaan yang matang dan merupakan bagian dari anggaran tahunan yang sudah disetujui oleh pemerintah daerah.

Sekretariat DPRD Sulsel juga berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran, serta membuka ruang dialog dengan masyarakat untuk mendengar masukan dan aspirasi mereka.

Acara penyambutan anggota DPRD Sulsel yang baru terpilih dijadwalkan akan berlangsung bulan depan, dengan serangkaian kegiatan resmi termasuk pemberian seragam dan pin emas, serta orientasi dan pelatihan untuk mempersiapkan para anggota dewan dalam menjalankan tugas legislasi, pengawasan, dan penganggaran.

Dengan demikian, pengadaan ini diharapkan dapat mendukung kinerja optimal anggota DPRD Sulsel dalam menjalankan amanah dan berkontribusi positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan.

Penulis : Lutfi

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Metro19 Juni 2024 20:38
Prof Zudan Apresiasi PT Vale yang Peduli Kesejahteraan Masyarakat
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Vale yang sangat peduli terhadap keberlanjutan da...
Metro19 Juni 2024 18:19
Indira Yusuf Ismail Tinjau Posyandu Palm 5
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan peninjauan ke Posyandu Palm 5 di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, pada Rabu, 19 J...
Politik19 Juni 2024 18:06
AIA Disebut Juru Kunci Pertarungan di Pilgub Sulsel 2024
Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024, nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) semakin mencuat sebagai tokoh kun...
Politik19 Juni 2024 18:01
Adnan Sambangi Markas Amran Sulaiman, Pengamat: Pertemuan Bersifat Spekulatif
Dinamika politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) semakin memanas. ...