DPRD Sulsel

Fauzi Andi Wawo: Banyak Perda Yang Kita Sahkan Tak Miliki Pergub

Fadli
Fadli

Selasa, 11 Juni 2024 10:15

Fauzi Andi Wawo: Banyak Perda Yang Kita Sahkan Tak Miliki Pergub

Trotiar.id, Makassar –  Anggota Fraksi PKB DPRD Sulawesi Selatan, Fauzi Andi Wawo, mengungkapkan bahwa sejumlah Peraturan Daerah (Perda) inisiatif DPRD Sulsel yang telah disahkan bersama Pemerintah Provinsi belum bisa diberlakukan karena belum memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai landasan hukum pelaksanaannya.

“Ini yang menjadi kendala di Sulsel, kita sudah menggodok rancangan perda hingga menjadi perda, tetapi belum bisa diberlakukan karena belum diikuti dengan peraturan gubernur,” ujar Fauzi Andi Wawo.

Fauzi berharap agar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan segera menerbitkan peraturan gubernur sebagai dasar hukum berlakunya perda. 

Menurutnya, perda inisiatif DPRD yang telah disahkan, seperti Perda Pesantren dan beberapa perda lainnya, sangat penting untuk menunjang kehidupan masyarakat.

“Dalam waktu dekat, kita akan mengesahkan beberapa perda baru, termasuk Perda Kesehatan Ibu dan Anak. Tanpa adanya pergub, implementasi perda ini menjadi tidak jelas,” tegas Fauzi, yang akrab disapa Uci.

Lebih lanjut, Fauzi menekankan bahwa peraturan gubernur tersebut penting karena mengatur hal-hal teknis, termasuk pembiayaan yang akan dialokasikan melalui APBD.

“Pergub itu membahas hal-hal teknis seperti penganggaran dan aspek teknis lainnya,” tambahnya.

Isu ini menyoroti pentingnya sinergi antara DPRD dan Pemerintah Provinsi dalam menerbitkan regulasi yang efektif untuk kesejahteraan masyarakat. 

Penyusunan Peraturan Gubernur menjadi langkah krusial untuk memastikan setiap perda dapat diterapkan dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

**Keyword: Perda Inisiatif DPRD Sulsel, Peraturan Gubernur, Fauzi Andi Wawo, DPRD Sulawesi Selatan, Perda Pesantren, Perda Kesehatan Ibu dan Anak, APBD, Implementasi Perda**

Penulis : Upiq

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Metro19 Juni 2024 20:38
Prof Zudan Apresiasi PT Vale yang Peduli Kesejahteraan Masyarakat
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Vale yang sangat peduli terhadap keberlanjutan da...
Metro19 Juni 2024 18:19
Indira Yusuf Ismail Tinjau Posyandu Palm 5
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan peninjauan ke Posyandu Palm 5 di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, pada Rabu, 19 J...
Politik19 Juni 2024 18:06
AIA Disebut Juru Kunci Pertarungan di Pilgub Sulsel 2024
Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024, nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) semakin mencuat sebagai tokoh kun...
Politik19 Juni 2024 18:01
Adnan Sambangi Markas Amran Sulaiman, Pengamat: Pertemuan Bersifat Spekulatif
Dinamika politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) semakin memanas. ...