Pemprov Sulsel

Festival Sulsel Menari 2024 Pecahkan Rekor MURI

Suriadi
Suriadi

Rabu, 12 Juni 2024 12:26

Festival Sulsel Menari 2024 Pecahkan Rekor MURI

Trotoar.id, Makassar – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melibatkan 1.000 penari dalam ajang Festival Sulsel Menari 2024 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (12/6/2024).

Secara keseluruhan, total penari yang dilibatkan dalam festival ini mencapai 24.913 orang dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Jumlah tersebut berhasil memecahkan rekor MURI untuk peserta terbanyak, tidak hanya di Sulawesi Selatan dan Indonesia, tetapi juga di dunia.

Para peserta yang membawakan Tari Paduppa mengenakan busana baju bodo, yang juga tercatat sebagai pemecah rekor MURI untuk busana adat terbanyak.

Festival yang bertema “South Sulawesi In Harmony” ini dipusatkan di kawasan Wisata Lego-Lego Center Point Of Indonesia (CPI) Makassar.

Khusus untuk penari dari Kabupaten Kepulauan Selayar, mereka tampil secara virtual dari Lapangan Pemuda Benteng Selayar.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Sulawesi Selatan, Usman, S.Pd., M.M., menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan yang sangat bersejarah ini pertama kali dilaksanakan di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, penampilan penari dari Kabupaten Kepulauan Selayar dinilai sukses berkolaborasi dari seribu macam karakter peserta.

“Tidak kurang dari satu pekan anak-anak kita berlatih, alhamdulillah hari ini sudah tampil dan sukses. Ini seribu peserta kita dengan berbagai karakter dan telah berkolaborasi dengan baik,” terang Usman.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakhrulloh, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut, khususnya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel serta Penjabat Gubernur sebelumnya yang telah menggagas kegiatan Sulsel Menari.

Zudan mengharapkan semarak ini terus menggema, memperkuat tali persaudaraan, serta mendorong kemajuan ekonomi dan pariwisata di Sulawesi Selatan. (*)

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....