Pilgub Sulsel

KPU Sulsel Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih pada Pilgub Mendatang

Fadli
Fadli

Jumat, 21 Juni 2024 19:31

KPU Sulsel Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih pada Pilgub Mendatang

MAKASSAR, TROTOAR.ID Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan target partisipasi pemilih sebesar 80 persen pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang.

Target ambisius ini diungkapkan oleh Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Sulsel, Hasruddin Husain, saat menghadiri dialog di warung kopi yang digelar oleh KPU Kota Makassar.

“Target partisipasi pemilih pada Pilgub tahun ini sebesar 80 persen, dan target tersebut berdasarkan evaluasi capaian partisipasi pemilih pada pemilu kemarin,” kata Hasruddin.

Untuk mencapai target tersebut, KPU Sulsel, bersama KPU kabupaten/kota, akan fokus pada pemilih Gen Z yang cenderung apatis terhadap politik.

Selain itu, mereka akan memberikan edukasi dan pembekalan politik kepada kelompok minoritas, termasuk penyandang disabilitas.

Hasruddin juga menyoroti perbedaan partisipasi antara Pemilu legislatif dan Pilkada.

Untuk Pilgub dan Pilkada kabupaten/kota, KPU Sulsel telah mengembangkan program pendidikan pemilih berkelanjutan dan terintegrasi yang disebut “Grebeg”.

Program “Grebeg” melibatkan seluruh KPU kabupaten/kota di 24 kabupaten/kota dan 313 kecamatan, dengan tujuan menyampaikan informasi secara menyeluruh hingga tingkat desa.

“Gagasan baru di Pilkada Serentak ini adalah pendidikan pemilih berkelanjutan dan terintegrasi satu sama lain. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Makassar, tetapi juga di seluruh kabupaten/kota dan kecamatan dengan anggaran dari KPU Sulsel,” tambah Hasruddin.

Salah satu inisiatif yang diusung adalah “Cafe Demokrasi,” yang dilakukan di berbagai tempat untuk memberikan pendidikan politik secara informal namun efektif.

“Sebelumnya, KPU kabupaten/kota, provinsi, kecamatan, dan desa/kelurahan melakukan kegiatan secara terpisah. Dengan pelibatan secara internal ini, diharapkan tidak ada simpul yang terputus atau informasi dalam setiap tahapan,” jelasnya.

Dengan program-program yang terintegrasi dan berkelanjutan, KPU Sulsel optimis bahwa target partisipasi pemilih sebesar 80 persen dapat tercapai, memastikan proses demokrasi berjalan lancar dan partisipatif.

    Penulis : Upiq

     Komentar

    Berita Terbaru
    Metro08 September 2024 00:05
    Ribuan Warga Biringkanayya Sambut Kehadiran Andi Seto dan Rezki
    Makassar, Trotoar.id – Dukungan dari kader Partai Gerindra terhadap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa dan Rezki...
    Metro07 September 2024 23:58
    Dies Natalis Ke-68 Unhas, Penjabat Gubernur Sulsel: Menuju World Class University
    Makassar, Trotoar.id – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-6...
    Politik07 September 2024 19:41
    Rezki Mulfiati Lutfi Dekat dengan Warga Makassar lewat Politik Riang Gembira
    Makassar, Trotoar.id – Rezki Mulfiati Lutfi, calon Wakil Wali Kota Makassar, terus menarik perhatian masyarakat Kota Makassar dengan pendekatan poli...
    Metro07 September 2024 19:33
    Sekretaris DPRD Makassar Pandu Gladi Bersih Pelantikan 50 Anggota Terpilih
    Makassar, Trotoar.id,  – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar gladi bersih pelantikan 50 anggota terpilih periode 2024-2029, Sabtu (7/9/2024), ...