Pemprov Sulsel

FGD Pelaporan dan Pertanggungjawaban APBD TA 2024: BKAD Sulsel Hadirkan Narasumber Kemendagri

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Rabu, 17 Juli 2024 12:59

FGD Pelaporan dan Pertanggungjawaban APBD TA 2024: BKAD Sulsel Hadirkan Narasumber Kemendagri

Trotoar.id, Jakarta – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai Pelaporan dan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

Acara ini berlangsung di Orchardz Hotel Jakarta pada Selasa, 16 Juli 2024.

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Pusat Data dan Informasi Kementerian Dalam Negeri. Di antara para narasumber yang hadir adalah:

  • Muliani Sulya Fajarianti, Analis Kebijakan Ahli Madya pada Subdirektorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah III,
  • Boyke Martz Siagian, Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda pada Seksi Wilayah IIIB Subdirektorat Pelaksanaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah III,
  • Nur Rahmat Fajeri, Analis Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan.

Kepala BKAD Provinsi Sulsel, Salehuddin, membuka acara ini secara resmi. Dalam sambutannya, Salehuddin menyampaikan bahwa FGD ini merupakan wadah untuk bertukar pikiran, pengalaman, dan ide-ide konstruktif guna mendukung terciptanya laporan keuangan yang lebih efektif, transparan, dan akuntabel.

“Kegiatan ini selaras dengan arahan Penjabat Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat,” kata Salehuddin.

Salehuddin juga menyoroti bahwa pada Tahun Anggaran 2023, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK-RI.

Prestasi ini, menurutnya, adalah hasil kerja keras semua pihak dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan.

Namun demikian, Salehuddin mengingatkan bahwa masih terdapat catatan dari Tim Pemeriksa BPK-RI yang harus ditindaklanjuti untuk perbaikan ke depan.

Dia juga mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk lebih memperhatikan batas waktu penyampaian laporan keuangan agar konsolidasi laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bisa lebih cepat, akurat, dan tepat waktu.

Pemerintah daerah kini telah mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD RI) untuk penyusunan laporan keuangan.

“Penggunaan SIPD-RI bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan daerah serta diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitas pemerintahan,” jelasnya.

Pada Desember 2023, Pemerintah Provinsi Sulsel telah menyosialisasikan penerapan SIPD RI kepada seluruh kabupaten/kota di Sulsel terkait penatausahaan pengelolaan keuangan daerah.

“Pada Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menggunakan SIPD RI tidak hanya pada tahap perencanaan dan penatausahaan, tetapi juga diharapkan dalam proses akuntansi dan pelaporan keuangan daerah,” tambah Salehuddin.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro08 September 2024 00:05
Ribuan Warga Biringkanayya Sambut Kehadiran Andi Seto dan Rezki
Makassar, Trotoar.id – Dukungan dari kader Partai Gerindra terhadap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa dan Rezki...
Metro07 September 2024 23:58
Dies Natalis Ke-68 Unhas, Penjabat Gubernur Sulsel: Menuju World Class University
Makassar, Trotoar.id – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-6...
Politik07 September 2024 19:41
Rezki Mulfiati Lutfi Dekat dengan Warga Makassar lewat Politik Riang Gembira
Makassar, Trotoar.id – Rezki Mulfiati Lutfi, calon Wakil Wali Kota Makassar, terus menarik perhatian masyarakat Kota Makassar dengan pendekatan poli...
Metro07 September 2024 19:33
Sekretaris DPRD Makassar Pandu Gladi Bersih Pelantikan 50 Anggota Terpilih
Makassar, Trotoar.id,  – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar gladi bersih pelantikan 50 anggota terpilih periode 2024-2029, Sabtu (7/9/2024), ...