Pemprov Sulsel

Tinjauan ke SMA Negeri 11 Toraja Utara, Pj Gubernur Sulsel Segera Programkan Perbaikan

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Rabu, 24 Juli 2024 16:09

Tinjauan ke SMA Negeri 11 Toraja Utara, Pj Gubernur Sulsel Segera Programkan Perbaikan

Trotoar.id, Toraja Utara – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh, didampingi oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, melakukan kunjungan ke UPT Satuan Pendidikan SMA Negeri 11 di Kelurahan Tikala, Kecamatan Tikala pada Selasa, 23 Juli 2024.

Kunjungan ini dilakukan di sela-sela agenda kerja Prof Zudan di Toraja Utara.

SMA Negeri 11 Toraja Utara terletak di wilayah perbukitan yang tidak jauh dari pusat kota Rantepao.

Sekolah ini memiliki 24 siswa, namun beberapa bagian bangunannya membutuhkan perbaikan. Salah satu kelas, yaitu kelas 11 Jurusan IPA, hanya memiliki dua orang siswa.

Kepala sekolah, Liliana Tanggulungan, mengungkapkan rasa syukurnya atas kunjungan Pj Gubernur yang dapat melihat langsung kondisi sekolah mereka.

“Kami bersyukur beliau dapat melihat langsung kondisi sekolah kami. Meskipun agak terkejut dengan kedatangan yang tiba-tiba,” ujar Liliana.

Liliana berharap pemerintah provinsi akan memberikan perhatian lebih kepada sekolah mereka sehingga dapat dilakukan pembangunan pada tahun 2025.

Infrastruktur dan peralatan yang sangat dibutuhkan antara lain laboratorium IPA, perpustakaan, ruang kelas, peralatan TIK, toilet, kantor, ruang OSIS, UKS, dan LCD. Saat ini, sekolah tersebut memiliki tenaga pengajar yang terdiri dari 1 PNS, 3 PPPK, dan 10 honorer.

“Harapannya ada bantuan untuk RKB dan laboratorium MIPA karena fokus kami di sana,” kata Frans Rombe Allo, Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 11.

Setelah meninjau kondisi sekolah, Pj Gubernur Prof Zudan menegaskan bahwa SMA Negeri 11 perlu segera diperbaiki agar layak untuk kegiatan belajar mengajar.

“Sekolah ini memang perlu diperbaiki agar layak menjadi tempat belajar. Jadi saya programkan untuk perbaikan,” kata Prof Zudan.

Prof Zudan meyakini bahwa dengan kelengkapan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan yang rapi, SMA Negeri 11 akan menarik lebih banyak siswa.

Ia menyebutkan bahwa ada tiga sekolah menengah pertama di kompleks yang sama, serta dua lainnya yang berdekatan dengan SMA Negeri 11, sehingga potensi siswa baru cukup besar.

“Jika sekolah ini diperbaiki dan dilengkapi, anak-anak akan lebih tertarik dan tertampung di sini. Pak Bupati juga siap membantu mengarahkan murid-murid ke sini,” jelasnya.

Prof Zudan juga berdialog langsung dengan siswa, salah satunya yang harus berangkat sejak pukul enam pagi dan berjalan kaki selama satu jam untuk sampai ke sekolah.

“Ini menunjukkan niat besar untuk bersekolah meskipun kondisi sekolah masih kurang memadai. Pemerintah memiliki tugas untuk menyiapkan fasilitas terbaik untuk pendidikan. Tahun depan, kita anggarkan pembangunan di sini,” tegasnya.

“Prinsipnya, semua anak usia sekolah harus bisa bersekolah. Maka kita siapkan sekolah yang memenuhi syarat dengan kualitas yang baik,” pungkas Prof Zudan. (*)

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro08 September 2024 00:05
Ribuan Warga Biringkanayya Sambut Kehadiran Andi Seto dan Rezki
Makassar, Trotoar.id – Dukungan dari kader Partai Gerindra terhadap pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa dan Rezki...
Metro07 September 2024 23:58
Dies Natalis Ke-68 Unhas, Penjabat Gubernur Sulsel: Menuju World Class University
Makassar, Trotoar.id – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-6...
Politik07 September 2024 19:41
Rezki Mulfiati Lutfi Dekat dengan Warga Makassar lewat Politik Riang Gembira
Makassar, Trotoar.id – Rezki Mulfiati Lutfi, calon Wakil Wali Kota Makassar, terus menarik perhatian masyarakat Kota Makassar dengan pendekatan poli...
Metro07 September 2024 19:33
Sekretaris DPRD Makassar Pandu Gladi Bersih Pelantikan 50 Anggota Terpilih
Makassar, Trotoar.id,  – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar gladi bersih pelantikan 50 anggota terpilih periode 2024-2029, Sabtu (7/9/2024), ...