Dinsos Gowa Gelar Festival Pa’dekko Lansia

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 23 Desember 2017 11:13

Dinsos Gowa Gelar Festival Pa’dekko Lansia

Trotoar.id, Gowa –– Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar acara Festival Pa’dekko Lanjut Usia (Lansia) dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-89 Tahun 2017, dengan tema “Pelestarian Budaya Lokal dan Pemberdayaan Lanjut Usia”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Samaya, Desa Romangloe, Kecamatan Bontomarannu, Sabtu (23/12) pagi,
yang diikuti 10 Kecamatan yang ada di Kab Gowa, yang pesertanya terdiri dari kelompok para lansia perempuan dan laki-laki.

Turut pula hadir Asisten Kesra dan Pemerintahan, H Marzuki, Asisten Ekonomi Pembangunan, Mappasomba, Asisten Administrasi, Firman Djamaluddin,Kepala Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak, Kawaidah Alham, dan Kepala Bagian Pemerintahan, Muh Basir.

Kepala Dinas Sosial, Syamsuddin Bidol sekaligus yang membuka festival ini mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang pelestarian nilai budaya lokal yang ada di Kabupaten Gowa.

“Dia menjelaskan, bahwa budaya lokal saat ini adalah suatu hal yang sangat banyak di Kab Gowa, yang membuat pemerintah membuka ruang atau akses kepada seluruh pemerhati budaya lokal untuk menyalurkan bakatnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kadis Sosial Gowa ini mengatakan, “Dengan adanya ajang seperti ini para lansia yang ada di Gowa merasa dihargai atas nilai-nilai budaya yang ada di zaman mereka, sehingga mereka (para generasi muda) dapat menghargai budaya mereka, bisa lebih berkarya dan membuat sejarah baru untuk kemajuan bangsa dan negaranya,” tambahnya.

Sementara, Camat Bontomarannu, Muh Sabir, selaku tuan rumah mengatakan, bahwa ajang ini merupakan ajang silaturahmi masyarakat antar kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa, selain itu kegiatan ini untuk melestarikan budaya kita sehingga generasi penerus dapat mengenal budaya lokal kita.

Diakhir kegiatan ini, pihak panitia mengumumkan pemenang dalam ajang festival ini. Untuk juara satu diraih oleh Kecamatan Tompobulu, juara dua diraih oleh kecamatan Barombong, dan untuk juara tiga diraih oleh kecamatan Bontonompo selatan.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....