20 Turbin PLTB Sidrap Siap Beroperasi

Suriadi
Suriadi

Senin, 08 Januari 2018 19:16

20 Turbin PLTB Sidrap Siap Beroperasi

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Pemerintah melalui kementrian Sumber daya Alam dan Mineral merilis Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang berlokasi di kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan telah siap untik di fungsikan.

Dimana pembangunan PLTB Sidrap I akan segera dilakukan konektifitas dengan jaringan PT. PLN

Sepertiti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Senin (8/1/2018), mengungkapkan saat ini sudah ada 20 dari 30 turbin yang telah ready termasuk Gardu Induk (GI) telah siap untuk koneksi dengan jaringan yang dimiliki PLN sejak pekan lalu.

Bahkan masing-masing turbin yang telah terbangun memiliki kapasitas sebesar 2,5 Mega Watt (MW) atau 50 MW secara total.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mendukung penuh beroperasinya PLTB Sidrap ini.

“(PLTB) Tahap 1 tarifnya USD 11 sen per kWh flat, (tahap) kedua bagaimana? Kita nego lagi, kita akan akomodir, saya minta harganya bisa lebih rendah,” ujar Jonan saat kunjungan ke PLTB Sidrap akhir September 2017 lalu.

Dengan beroperasinya PLTB Sidrap I nanti, pembangkit tersebut menjadi pembangkit komersial pertama di Indonesia yang memanfaatkan energi angin.

Proyek dengan investasi USD 150 juta (sekitar Rp 2 triliun) yang dioperasikan PT UPC Sidrap Bayu Energi ini bila sudah beroperasi semuanya (30 turbin), mampu melistriki sekitar 70.000 pelanggan rumah tangga di Sulawesi Selatan.

PLTB Sidrap berlokasi di area perbukitan Desa Mattirosari dan Lainungan, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Yang menghasilkan kecepatan angin sebesar 7 m/s dari ketinggian 80 meter.

Jumlah turbin yang akan dibangun total sejumlah 30 turbin, dimana masing plat berkapasitas 2.5 MW WTG pada menara baja setinggi 80 meter. Turbin yang digunakan adalah turbin angin Kelas IIA dengan panjang (jari-jari) baling-baling 57 meter, sehingga total tinggi pembangkit mencapai 137 meter.

Setelah PLTB Sidrap I beroperasi, maka kapasitas terpasang PLTB secara nasional bertambah menjadi 76,1 MW dari tahun lalu yang baru teroptimalkan sebesar 1,1 MW. (Ris)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Politik14 Juni 2024 03:27
Ulfah dan Mudassir Hasri Gani Kompak Mengembalikan Formulir di PSI untuk Pilkada Barru 
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Barru  Ulfah Nurul Huda dan Mudassir Hasri Gani, kompak mengembalikan Formulir pendaftaran ke Partai...
Politik14 Juni 2024 03:13
Cakada Usungan NasDem Kompak Kembalikan Formulir ke PSI
Sebanyak 18 Calon Kepala Daerah (Cakada) yang mendapat rekomendasi dari Partai NasDem kompak menghadiri acara pengembalian formulir di Partai Solidari...
Metro13 Juni 2024 21:46
Setelah Pakkatto, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Usulkan Penetapan 21 Desa Antikorupsi ke KPK
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan 21 desa untuk ditetapkan sebagai Desa Antikorupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)....
Metro13 Juni 2024 21:39
TP PKK Kota Makassar Gelar Sosialisasi Penyakit Menular dan Tidak Menular di Lorong PKK
TP PKK Kota Makassar telah mengadakan sosialisasi mengenai penyakit menular dan tidak menular di berbagai Lorong PKK di beberapa kecamatan. ...