Ujian Kebesaran SYL, Taat Partai atau Pilih Adik

Suriadi
Suriadi

Selasa, 23 Januari 2018 18:50

Ujian Kebesaran SYL, Taat Partai atau Pilih Adik

 

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), digadang-gadang menjadi juru kampanye atau jurkam pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz).

Hal itu menyusul masuknya nama SYL selaku pengurus DPP Golkar. Sebagai kader yang loyal dan taat azas, SYL wajib mendukung dan memenangkan NH-Aziz meski keluarganya ikut bertarung pada Pilgub Sulsel 2018.

Koordinator Bapilu Golkar Sulsel, Kadir Halid, mengatakan seluruh elite DPP, khususnya yang berasal dari Sulsel akan didaulat menjadi jurkam NH-Aziz. Termasuk SYL akan diminta turut mengkampanyekan NH-Aziz yang merupakan usungan Golkar. “Jadi ada 14 tokoh Sulsel yang masuk pengurus DPP. Mereka itu mempunyai kewajiban memenangkan NH-Aziz di Pilgub Sulsel,” kata Kadir, Selasa, 23 Januari.

“Makanya 14 orang itu akan kita minta menjadi jurkam NH-Aziz. Kan orang (elite) DPP saja jadi jurkam, apalagi orang DPP yang asal Sulsel, itu akan kita minta semua menjadi jurkam,” kata Kadir yang juga adik kandung Nurdin Halid.

Menurut Kadir, penyusunan daftar jurkam NH-Aziz dilakukan setelah penetapan pasangan calon oleh KPUD Sulsel. Sejauh ini pihaknya belum melayangkan permintaan kepada elite DPP Golkar karena menunggu keputusan penyelenggara pemilu.

“Nanti disampaikan setelah penetapan kandidat, termasuk setelah pengundian nomor urut dan terbitnya jadwal kampanye, barulah disusun dan tempatkan orang untuk jurkam,” terang dia.

Disinggung soal sanksi bagi kader Golkar membelot, Kadir enggan memberikan jawaban pasti. Yang pasti, pihaknya berfokus pada pemenangan pilkada serentak 2018. “Soal itu ya nanti kita lihat,” tutur dia.

Dilema bagi SYL, mengingat adiknya, Ichsan Yasin Limpo juga maju meski lewat perseorangan. Titik ini menjadi ujian SYL apakah taat partai mendukung NH-Aziz atau memilih adiknya.

Diketahui dalam struktur kepengurusan DPP Golkar yang terbaru, SYL dipercaya menjadi Ketua Bidang Kerawanan Sosial. Selain SYL, ada 13 putra-putri Sulsel yang dipercaya Airlangga menjadi elite DPP. Termasuk NH yang memegang posisi selaku Ketua Koordinator Bidang Pratama. (***)

 Komentar

Berita Terbaru
News28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...