Kemendagri Minta SK yang Dikeluarkan Bupati Tator di Cabut

0
133
Penjabat Gubernur Sulsel Soni SUamrsono

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Harapan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanaya untuk menangkap n jabatan sebagai Pelaksana Tugas (PLT) kepala dinas Kesehatan di daerah tiyang dipimpinnya haruicos kandas.

Setelah kemendtriam dalam negeri menilai jika jabatan PLT kepala dinas harus di jabat oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bukan seorang kepala daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Direktur JendralnOtonomi Daerah Sonni Sumarsono yang menyebutkan tidak ada aturkan yang membolehkan kebijkaan yang di keluarkan Nico

“Jabatan PLT itu di isi oleh ASn dan bukan kepala daerah, sehingga untuk mengisi jabatan PLT kadis harus yang berpangkat selain II, ” Ungkap Soni Sumarsono.

Soni mengaku jika Sak yang di terbitkan Bupati Tana Toraja yang menunjukkan dirinya sebagai PLTbsevara otomatis agar gugur dengan sendirinya, sebab SKbtersebutvbertantangan dengan UU nomor 23 yentang pemerintahan daerah.

Soni menambahkan pemerintah daerah juga harusnya menarik Sak yang v diterbitkan Bupati dan menunjukkan ulangbpelaksanabTugas Kepala Dinas.

“Masa sekda koordinasi ke kepala dinas yang juga bupati. Kan rancu. Kalau perlu sekda yang rangkap, gak apa-apa. Atau aparat yang lain,” ungkap mantan Penjabat Gubernur Sulsel itu.

Disisi lain Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah enggan berkomentar banyak menanggapi persoalan tersebut. Dia mengatakan, sebelum ada laporan atau pemberitahuan dari Bupati Tana Toraja terkait persoalan ini, dia tidak mau mengeluarkan statemen.

“Kami tetap harus menjaga keharmonisan dan hubungan dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, terutama Bupati,” singkat Nurdin.(*)