KPU Sulsel Tetapkan Darmawangsyah Muin Peraih Suara Terbanyak

0
57
Suasana Rapat Pleno Penetapan Caleg Terpilih Untuk DPRD Provinsi Oleh KPU Sulsel

TROTOAR.ID,MAKASSAR —  Caleg partai Gerindra nomor urut satu dari daerah Pemilihan Sulsel tiga yang meliputi kabupaten Gowa dan Takalar ditetapkan sebagai caleg suara terbanyak hasil Pemilu 17 April 2019 kemarin. 

Penetapan tersebut dilakukan KPU Sulsel dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Provinsi Sulsel di hotel claro Makassar, selasa 13 Agustus 2019.

Sebelum ditetapkan Komisioner KPU terlebih dahulu secara bergantian membacakan perolehan suara caleg terpilih dan menetapkan cake yang terpilih dalam rapat pleno  KPU. 

“Setelah kita umumkan nama caleg dan suara caleg kita tetapkan 85 caleg terpilih pada pemilu 2019,” Kata Ketua KPU Sulsel Misna M Atas 

Sebelum menetapkan nama caleg terpilih, KPU Sulsel terlebih dahulu menetapkan perolehan kursi yang diraih partai politik di DPRD Sulsel. 

Selain Darmawangsyah Muin, KPU juga mengumumkan dan menetapkan caleg peraih suara terbanyak kedua yang ditempati oleh politisi PAN Irfan AB yang meraih suara sebanyak 36.212 dan di posisi ketiga ditempati oleh Andi Azizah Irma Wahyudiyati caleg PD dari dapil Sulsel 9 sebanyak 34.780 suara. 

Penetapan caleg terpilih, oleh KPU Sulsel, juga dihadiri oleh para LO partai politik, dan unsur forkopimda Sulsel serta segelintir caleg terpilih. 

Usai ditetapkan KPU, nantinya akame gusuran hasil penetapan ke Pemerintah Provinsi Sulsel, untuk selanjutnya Pemprov Sulsel mengusulkan ke mendagri untuk diterbitkan SK pengangkatan 85 anggota DPRD terpilih. (***)