Pemprov Siapkan Bantuan Keuangan Biayai Infrastruktur yang Rusak Akibat Bencana

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Senin, 13 Januari 2020 23:38

Pemprov Siapkan Bantuan Keuangan Biayai Infrastruktur yang Rusak Akibat Bencana

TROTOAR.ID, PAREPARE, – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, melakukan kunjungan ke Kabupaten Barru, Kota Parepare, Kabupaten Sidrap, dan Kota Parepare, Senin, 13 Januari 2020.

Ia mengunjungi beberapa titik di daerah tersebut, yang terkena dampak cuaca ekstrem di awal Januari tahun 2020 ini.

Ia pun meminta pemerintah daerah masing-masing untuk mendata warga dan juga kerusakan yang terjadi. Bantuan diberikan dari dana kontijensi darurat bencana, dan juga akan diberikan melalui bantuan keuangan daerah untuk infrastruktur yang rusak.

“Khusus untuk fasilitas pemerintah, seperti jembatan gantung, pasar dan sebagainya, itu akan kita berikan bantuan keuangan daerah untuk menyelesaikan semua infrastruktur supaya bisa dipulihkan cepat, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya kembali,” kata Nurdin Abdullah.

Kepala Dinas PUPR Sulsel, Prof Rudy Djamaluddin, mengatakan, terkait bencana menjadi tanggung jawab bersama. Soal infrastruktur, PUPR akan melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Pompengan, termasuk apa yang menjadi kewenangannya, misalnya aliran sungai.

“Kewenangan kita akan kita tindaklanjuti. Sudah ada beberapa catatan Pak Gubernur menginstruksikan untuk ditindaklanjuti. Seperti di Barru, ada jembatan penyebrangan yang hanyut. Itu akan kita redesain,” terangnya.

Sedangkan, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Edi Junaedi, menyampaikan, terkait bencana yang terjadi, Gubernur telah meminta agar pemerintah kabupaten/kota untuk menyalurkan bantuan. Persoalan bantuan menjadi tanggungjawab bersama.

“Pemprov dan Pemda/Pemkot berkolaborasi. Kita di Pemprov ada dua komponen pembiayaan yang bisa kita salurkan. Pertama, bantuan sosial, kedua belanja tidak terduga atau dana kontijensi,” jelasnya.

Pihak Pemprov telah berkoordinasi dengan pihak daerah untuk menugaskan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah masing-masing ke Pemprov melakukan koordinasi untuk pencairan.

“Kita punya dana kontijensi Sulsel sebesar Rp 20 miliar,” ungkapnya. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik20 April 2024 16:21
NasDem, Gerindra, dan Demokrat Membahas Strategi Hadapi Pilkada Serentak
Sekretaris DPW NasDem Sulsel, H Syaharuddin Alrif, Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin, dan Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah, mengadakan ...
Metro25 April 2024 20:52
Minta Izin di Hadapan Kader Gerindra Kota Makassar, Erik Horas; Baru ASA Yang Bernyali 
Ketua DPC Gerindra Kota Makassar, Erick Horas mengapresiasi sikap terbuka dari Andi Seto Asapa yang menyatakan niatnya untuk maju dalam Pilkada Kota M...
Metro25 April 2024 19:58
Dihadapan Kader Gerindra, ASA: Izinkan Saya Maju Pilkada Makassar
Bupati Sinjai Periode 2018-2023 ajang juga Ketua Pengurus Daerah (PD) Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulawesi Selatan Andi Seto Asapa di depan ratusan k...
Politik25 April 2024 18:45
Anak Yatim Kota Makassar Daulat Andi Seto Sebagai ‘Abul Yatama’
Bakal calon Walikota Makassar, Andi Seto Asapa mengaku sangat terharu saat dirinya didaulat sebagai Abul Yatama (Bapaknya Anak-anak Yatim). ...
Politik25 April 2024 18:04
KPU Tetapkan Prabowo Gibran Pemenang Pilpres, TIDAR dan Gerindra Makassar Gelar Syukuran
Partai Gerindra Kota Makassar bersama Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara Halal Bi Halal bersama pimpinan kecamatan s...