Seluruh Anggota Satpol PP Makassar Jalani Isolasi Mandiri karena OTG, 71 Positif Covid-19

Suriadi
Suriadi

Jumat, 01 Januari 2021 14:18

Kasatpol PP Kota Makassar, Iman Hud. | trotoar.id
Kasatpol PP Kota Makassar, Iman Hud. | trotoar.id

TROTOAR.ID, Makassar – 71 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Makassar terkonfirmasi positif Corona setelah hasil tes swab mereka keluar, Jumat (1/1/2021).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud kepada wartawan.

Menurut dia, anggotanya yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertugas di beberapa kecamatan di Kota Makassar dan juga rumah jabatan.

“Dua orang di Kecamatan Manggala, 10 orang di Kecamatan Panakkukang, tiga orang di Kecamatan Rappocini, dua orang di Kecamatan Ujung Pandang, satu orang di Kecamatan Bontoala, satu orang di Kecamatan Tamalanrea,” ujar Iman.

“Enam orang di Kecamatan Mariso, delapan orang di Kecamatan Tamalate, satu orang di Kecamatan Makassar, enam orang di Kecamatan Ujung Tanah, 30 orang anggota peleton gel 1, dan satu orang yang bertugas di rujab Ketua DPRD Makassar,” lanjut dia.

Iman mengungkapkan, jumlah anggota Satpol PP Kota Makassar yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa terus bertambah. Sebab, hasil tes swab belum keluar semuanya, masih diperiksa di laboratorium.

“Kemungkinan bisa bertambah karena belum keluar semua hasil swab. Tidak bersamaan keluar hasilnya, karena menyesuaikan puskesmas setempat mereka bertugas yang mulai tanggal 22 Desember 2020 mulai dilakukan swab test,” kata dia.

Iman meminta maaf jika dalam melaksanakan tugas, masih banyak kekurangan dan kelemahan pada anggotanya hingga ikut terpapar Covid-19.

“Seluruh anggota Satpol PP melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, sehingga kami memberikan bantuan sembako bagi Satpol yang isolasi mandiri. Semua anggota Satpol PP Kota Makassar masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG),” tuturnya.

Iman menyatakan, anggotanya yang positif Covid-19 tidak diisolasi di hotel yang telah disiapkan pemerintah karena prosedur yang berbelit-belit.

“Prosedurnya berbelit-belit. Ini saja logistik untuk anggota Satpol PP yang bertugas di lapangan ala kadarnya sesuai kemampuan. Apalagi BPBD tidak mengalokasikan anggaran untuk anggota Satpol PP di lapangan,” tuturnya.

Dengan kurangnya logistik, Iman sudah memprediksi anggotanya akan berjatuhan dan mudah terjangkit Covid-19. Sebab, pekerjaan di lapangan tidak seimbang dengan asupan gizi untuk anggota Satpol PP.

“Dari awal saya sudah prediksi, beban tugas yang berat, operasional terbatas. Logistik terbatas, gizi tidak sempurna. Tumbanglah satu per satu,” ujar Iman.

Iman menjelaskan bahwa anggaran operasional hampir Rp 1 miliar untuk anggota Satpol PP Makassar pada Oktober 2020 belum dibayarkan oleh BPBD.

“Nanti saya berikan datanya ya, soalnya saya harus kumpulkan dulu. Saya juga belum bisa leluasa bergerak, karena masih isolasi mandiri setelah beberapa hari lalu dinyatakan positif Covid-19 bersama istri,” kata Iman.

(Source: Kompas)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...