Segera Tunjuk Pengelola, Danny Besok Tinjau RPH Antang

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Selasa, 09 Maret 2021 18:07

Walikota Makaassar, Mohammad Ramdhan Danny POmanto
Walikota Makaassar, Mohammad Ramdhan Danny POmanto

TROTOAR.ID, MAKASSAR, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto akan meninjau Rumah Potong Hewan (RPH), besok, Rabu (10/3/21).

Hal ini diungkapkan usai menerima kunjungan dari pihak Dinas Peternakan Sulawesi Selatan, Selasa (9/3/21).

Kunjungannya besok terkait peninjauan langsung kesiapan RPH modern di Tamangapa Raya Kecamatan Manggala.

“Besok saya akan berkunjung ke RPH meninjau langsung kesiapan RPH modern tersebut yang sudah di launching oleh Gubernur Non Aktif dengan Plt Gubernur Sulsel, kemarin. Kita mau lihat apa saja yang masih kurang dan perlu dibenahi,” ucap Danny.

Untuk lebih memaksimalkan kinerja RPH modern tersebut, Danny segera akan menunjuk kepala pengelola khusus RPH Manggala.

“Kita akan segera menunjuk pengelola khusus, untuk membuat RPH menjadi lebih optimal baik dari hulur hingga hilirnya,” jelasnya.

Danny juga menyarankan agar di RPH tersedia lengkap berbagi model alat pemotongan.

“Disana (RPH) harus lengkap model alat pemotongannya. Mulai dari segi empat, persegi,kecil. Khusus buat bakso, konro. Kalau perlu itu semua ada disana,” imbunya.

Sementara, Sekretaris Dinas Provinsi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Muas menambahkan pihaknya terus melakukan kordinasi dengan Wali Kota Makassar terkait pengoperasian RPH di Manggala.

“Hari ini saya mengunjungi Walikota Makassar untuk melakukan kordinasi. Alhamdulillah pak wali kooperatif sekali menanggapi. Kita tunggu finalisasinya, apalagi sudah mau menunjuk pengelola,” ungkapnya.

Katanya, dalam sehari RPH ini ditargetkan bisa memotong 100 ekor sapi. Dengan jumlah itu, ia optimis bisa memenuhi kebutuhan daging warga Kota Makassar maupun daerah lain di Sulsel. 

RPH modern tersebut merupakan kolaborasi antara pemkot Makassar dengan Pemprov Sulsel. Pemkot menyediakan lahan seluas 5 hektare sementara Pemprov Sulsel membangun gedung dan pemerintah pusat menyediakan alatnya.  (*).

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 21:09
Persiapan Menghadapi Pilkada 24 Kabupaten: Pertemuan Antara Ketua DPW PPP Sulsel dan Sekretaris DPW Nasdem Sulsel
foto baru-baru ini tersebar di salah satu grup WhatsApp Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan, H. Syaharuddin Alrif,...
Daerah17 April 2024 21:01
Bersama Kapolda Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Resmikan Revitalisasi Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang
Dalam upaya menghormati dan melestarikan warisan sejarah, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, telah merevitalisasi kompl...
Politik17 April 2024 20:55
Golkar Lutra Dukung Airlagga Kembali Jadi Ketua Umum Golkar
Ketua DPD II Golkar Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan dukungannya untuk Airlangga Hartarto kembali menakhodai Partai Golkar. Di bawah tanga...
Politik17 April 2024 18:13
Gerindra Pertimbangkan Usung Rudal di Pilwalkot
Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), dan Rusdin Abdullah (Rudal) bertemu untuk mengka...