BPBD Sinjai Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Puncak Musim Penghujan

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 20 Maret 2021 03:45

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad.
Kasi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad.

TROTOAR.id, Sinjai – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan persiapan menghadapi perkiraan puncak cuaca ekstrem di musim penghujan.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad mengatakan, kini pihaknya telah melakukan sejumlah langkah antisipasi, dimulai dari selalu mengaktifkan posko, koordinasi ke seluruh desa, camat dan relawan di sembilan kecamatan.

“Yang tak kalah pentingnya adalah penyebaran informasi dengan melalui media sosial informasi terkait dengan update setiap hari yakni prakiraan cuaca yang mengacu dari BMKG,” ujarnya, Selasa (20/3/2021).

Selain itu Tim BPBD Sinjai juga mengaktifkan pemantauan potensi bencana, mengingat Kabupaten Sinjai terdapat potensi bencana alam longsor, angin kencang hingga banjir.

Kecamatan yang rawan tanah longsor dan angin kencang berada di Kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai Barat, Sinjai Borong dan sebagian Sinjai Selatan.

Sedang yang berpotensi banjir berada di Ibukota Sinjai, Kecamatan Sinjai Utara dan Kecamatan Sinjai Timur. Dan potensi angin kencang berada di Kecamatan Pulau Sembilan.

Menurut Syamsul, bahwa setiap tahunnya Sinjai memiliki masa waktu puncak hujan mulai April, Mei dan Juni. Dan jika ekstrem bisa berlanjut hingga akhir Juli.

“Sekarang ini sudah mulai gejalanya yakni hujan deras setiap siang hingga sore hari,” sambungnya.

Ia mengimbau masyarakat Sinjai untuk tetap waspada dengan cuaca yang akhir-akhir sulit untuk ditebak. Jika terjadi sesuatu, segera melaporkan ke BPBD Sinjai dan pemerintah setempat. (Irs/Rls/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional18 Mei 2021 18:39
Melalui Kuasa Hukumnya, AS Tak Akan Ajukan Eksepsi
Trotoar.id, Makassar -- Melalui kuasa hukumnya Anggung Sucipto tidak akan mengajukan Eksepsi pada sidang tindak Pidana Korupsi di pengadilan Negeri Ti...
Daerah18 Mei 2021 18:25
Mendekati Standar WHO, Satgas Luwu Utara Genjot Testing COVID-19
Trotoar.id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, optimistis pengendalian COVID-19 di Kabupaten Luwu Utara dapat berjalan dengan baik, ...
Metro18 Mei 2021 18:18
Pemerintah Kota Makassar Terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 Dengan WDP Dari BPK RI Provinsi Sulsel
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah Kota Makassar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Makassar...
Metro18 Mei 2021 16:16
150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan
Trotoar.id, Makassar -- Sebanyak Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) M...