Andi Utta Hadiri Panen Raya

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Selasa, 18 Mei 2021 14:03

Andi Utta Hadiri Panen Raya

Trotoar. Id, Bulukumba, Bupati Bulukumba menghadiri kegiatan panen raya di Desa Bonto Raja, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Selasa, 18 Mei 2021.

Panen raya dilaksanakan didepan kantor Desa Bontoraja hasil dari kelompok tani 7 Kanang-Kanang, hasil Demplot Penggunaan Pupuk Organik Agrodyke.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf
dalam sambutannya menyampaikan, Puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga para petani dapat memanen hasilnya

Alhamsulillah, “Kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka menghadiri panen raya padi hasil Demplot penggunaan pupuk organik Agrodyke bersama kelompok tani masyarakat, tutur Andi Utta sapaan lain bupati Bulukumba ini.

Ini Merupakan suatu kebahagiaan bagi kita semua bahwa Demonstrasi Plot (Demplot) penanaman padi penggunaan pupuk organik ini menunjukkan hasil yang menggembirakan melalui peningkatan hasil produksi pertanian.

“Saya menilai panen raya ini sangat tepat dan relevan, karena sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi hasil pertanian, melalui penyediaan bibit unggul dan pupuk serta sarana dan prasarana pertanian yang memadai dan merata.”

Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya produktivitas dan daya saing pertanian kita.

Salah satu masalahnya adalah persoalan benih, terutama benih untuk tanaman pangan. Selain itu sarana pengairan irigasi yang belum maksimal dan dampak dari perubahan iklim.

Pemerintah sebagai regulator perbenihan atau pengadaan bibit unggul memiliki peran yang sangat penting untuk mengarahkan kebijakan perbenihan agar benar-benar menyentuh persoalan yang berdampak langsung pada pembangunan pertanian.

Adapun kegiatan panen raya padi oleh pihak perusahaan Pupuk Organik Agrodyke ini merupakan sebuah Pilot Project yang penting menjadi pembelajaran bagi para petani atau kelompok tani dalam menggunakan pupuk organik ke depannya.

Diketahui secara keseluruhan, luas sawah di kabupaten Bulukumba seluas 22.991 Hektar. Sementara di Kecamatan Gantarang ada 8.055 hektar

Berdasarkan data tahun 2020, realisasi Tanam sebesar 37.477,05 hektar, produksi panen sebesar 263.745,16 ton dan Produktivitas sebesar 6,01 Ton per hektar.

“Olehnya itu, salah satu target kinerja Pemerintah di tahun 2021 adalah meningkatkan produktivas hasil pertanian,” ujar orang nomor satu di Butta Pantrita Lopi

Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola Pertanian, Kelautan dan Perikanan yang Berkualitas serta Berdaya Saing untuk memenuhi kebutuhan daerah dan ekspor.

Bupati Bulukumba menyampaikan program Pemda Bulukumba, Untuk mewujudkan misi di sektor pertanian ini, beberapa program akan dilaksanakan, diantaranya :

Pengadaan Bibit Unggul Gratis dan Pupuk Bersubsidi, serta Pengadaan Mesin Pengering Gabah. Pembangunan Embung dan Pengadaan Air melalui Sumur Bor pada Wilayah Strategis, Serta Revitalisasi Irigasi atau Pengairan

Tentunya, untuk meningkatkan produksi pertanian yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, maka dibutuhkan kerja keras dari semua pihak dan instansi terkait, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa.

Kerja keras dari semua pihak dan instansi terkait diperlukan, karena tantangan pembangunan pertanian pada tahun-tahun mendatang semakin kompleks, dengan faktor-faktor yang mempengaruhi sektor pertanian, diantaranya : perubahan iklim ekstrim; fragmentasi dan alih fungsi lahan; serta kerusakan infrastruktur pertanian.

Fenomena perubahan iklim ekstrim yang terjadi beberapa tahun terakhir ini mengharuskan kita semua dapat melakukan langkah-langkah sistematis mulai dari antisipasi, adaptasi, sampai dengan mitigasi, agar target produksi kita di Kabupaten Bulukumba dapat tercapai dengan baik.

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menekankan betapa pentingnya koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan pertanian, sehingga kita dapat mempersiapkan dan melakukan antisipasi lebih dini terkait ancaman dan hambatan yang bisa menyebabkan adanya gagal panen atau penurunan produksi pertanian.

Dalam kesempatan tersebut bupati Bulukumba menyampaikan ucapan terima kasihnya serta penghargaan kepada pihak perusahaan Pupuk Organik Agrodyke.

Andi Utta dalam kesempatannya juga menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Kelompok Tani yang telah melakukan Panen Raya Padi.

Harapan serta himbaunya, bupati kepada para kelompok tani, ataupun semua pihak dan instansi terkait untuk memberikan dukungan dan komitmen yang tinggi serta kerja keras dalam mewujudkan peningkatan pencapaian target produksi padi, menghakhiri sambutanya dalam saat kegiatan panen raya padi.

Saat dikonfirmasi salah satu angota kelompok tani 7 Kanang-Kanang menyampaikan hasil diperoleh terbilang berlimpah, “Dalam satu hektar sawah sebelumnya, kami hanya dapat 6 ton. Setelah menggunakan pupuk Organik Agrodyke hasil yang kami peroleh hingga 9 ton” ucap rasa syukurnya. 

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik18 Maret 2024 00:36
Andi Ina dan Mudassir Bersaing Rebutkan Rekomendasi Golkar Untuk Pilkada Barru
Persaingan politik memanas di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, di mana dua figur utama, Andi Ina Kartika Sari dan Mudassir Hasri Gani terlibat dalam...
Politik19 Maret 2024 02:41
Keok di Sulsel, DPP Akan Evaluasi Golkar Sulsel, Siapakah Nantinya PLT?
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Erwin Aksa, mengusulkan evaluasi terhadap kinerja Partai Golkar di Sulawesi Selatan (Sulsel...
Metro19 Maret 2024 00:33
Wali Kota Makassar Apresiasi Program Serambi Rupiah dan Berkah Idul Fitri 2024 dari Bank Indonesia
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, memberikan apresiasi terhadap program Serambi atau Semarak Rupiah dan Berkah Idul Fitri 2024 yang diselenggar...
Metro19 Maret 2024 00:09
Bazar Gempita Ramadan Pemprov Sulsel: Dukungan Ekonomi dan Konseling Keluarga
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana...
News18 Maret 2024 21:20
Petta Balla, Pilar Dunia Atletik Sulsel, Telah Berpulang
Dunia atletik Sulawesi Selatan meratap kehilangan salah satu sosok pilar, H. A. Idris Bau Mange, S.Sos, yang akrab disapa Petta Balla. Innalillahi wai...