170 Pekerja Migran Positif Covid-19 Masuk ke Indonesia, Menko PMK dan Menkes ‘Panik’

Fadli
Fadli

Rabu, 19 Mei 2021 19:37

3D illustration of Coronavirus, virus which causes SARS and MERS, Middle East Respiratory Syndrome
3D illustration of Coronavirus, virus which causes SARS and MERS, Middle East Respiratory Syndrome

TROTOAR.id—Baru-baru ini, ditemukan 170 pekerja migran Indonesia positif corona di Kepulauan Riau (Kepri).

Hal ini dikhawatirkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, lantatan memungkinkan adanya kasus varian baru Corona ke tanah air. 

“Untuk Kepri ini perlu dilakukan tindak lanjut karena PMI yang datang kebanyakan memang dari Malaysia dan di sana (Malaysia) banyak ditemukan varian baru,” kata Menko PMK, Rabu (19/5/2021).

“Jadi saya minta kita harus lakukan genome sequencing supaya kita tahu apakah yang di Kepri itu varian baru atau bukan,” tuturnya.

Kasus positif Corona pekerja migran Indonesia juga ditemukan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kapolda setempat mencatat 33 kasus PMI terdeteksi positif Corona, meski mereka sudah membawa surat bebas covid-19 dari negeri Jiran.

“Inilah pentingnya dilakukan genome sequencing. Mereka yang dari luar negeri harus kita antisipasi karena fokus kita ke pencegahan varian baru dari Afrika, Inggris, ataupun India,” ungkapnya.

Di samping itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan akan mencukupi kebutuhan alat rapid test antigen dan swab di Pulau Sumatera, khususnya Sumut dan Jambi. Menindaklanjuti temuan kasus PMI positif Corona, seluruhnya akan segera diambil sampel untuk kemudian dianalisis genome sequencing-nya.

“Saya sudah instruksikan itu ke Litbangkes bahwa semua yang positif itu supaya terus kita pantau,” tegasnya. (Ltf/Al)

 Komentar

Berita Terbaru
News21 Juni 2021 23:42
Kunjungi TPI Sumpang, Andi Ina Ingatkan Protokol Kesehatan
Trotoar.id, Barru -- Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Andi INa Kartika Sari melakukan meninjau proses rehabilitasi bangunan Tempat P...
News21 Juni 2021 22:54
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara...
News21 Juni 2021 22:49
Budi Hastuti Sosialisasikan Perda Tentang Kesehatan
Trotoar.Id, Makassar - Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2009 tentang pelayanan ke...