Dinas Pertanian Palopo Belajar Pengembangan Tanaman Hortikultura di Sinjai Barat

Fadli
Fadli

Minggu, 12 September 2021 18:09

Dinas Pertanian Palopo Belajar Pengembangan Tanaman Hortikultura di Sinjai Barat

SINJAI – Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo mengadakan kunjungan study tour tentang pengembangan Tanaman Hortikultura di Kecamatan Sinjai Barat, Kamis (09/9/2021).

Rombongan yang berjumlah 27 orang ini dipimpin oleh Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan kota Palopo Erlin Patudju, dengan memboyong seluruh Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) seluruh Kecamatan se-Kota Palopo dan Koordinator penyuluh.

Dalam kesempatan tersebut tiga lokasi yang dikunjungi yakni lokasi pengembangan berbagai tanaman hortikultura di Gabungan Kelompok Tani Mitra Horti di Desa Arabika, Gapoktan Pemuda Tani Mutiara di Desa Gunung Perak dan obyek wisata Kampung Galung di desa Barania.

Kabid Penyuluhan Erlin Patudju menjelaskan bahwa kunjungan studi tiru ini dilaksanakan dalam rangka untuk melihat potensi tanaman hortikultura yang menjadi unggulan di Kecamatan Sinjai Barat sehingga juga bisa dikembangkan di Kota Palopo.

“Kami datang kesini untuk melihat komoditi yang menonjol yang bisa membuat kelompok tani dan kelompok wanita tani bisa sejahtera. Ini akan menjadi bahan bagi kami untuk bisa juga kami kembangkan di Palopo dengan menyesuaikan kondisi wilayah kami,” jelasnya.

Berdasarkan hasil studi lapangan, ia sangat mengapresiasi pola pengembangan yang dilakukan oleh para petani khususnya bawang merah, bawang putih, cabe, talas dan tanaman hortikultura lainnya.

“Tadi kami sempat berbincang-bincang dengan petani dan hasilnya sungguh luar biasa, dipasarkan hingga ke luar daerah dan bahkan ada yang diekspor ke Jepang seperti talas. Ini tentu meningkatkan taraf hidup para petani sehingga apa yang dilakukan oleh petani disini bisa kami adopsi,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bidang Prasarana dan Penyuluhan Dinas TPHP Sinjai Hj. Surianti sangat mengapresiasi dengan kedatangan rombongan dari Dinas Pertanian Kota Palopo dalam rangka berbagi ilmu terkait pengembangan tanaman hortikultura.

“Tentu kami merasa senang dan bangga karena kita punya potensi unggulan bisa menjadi contoh bagi daerah lain, apalagi kita ketahui Sinjai Barat ini kecamatan yang spesifik dan menjadi pusat pengembangan berbagai jenis tanaman hortikultura,” kata Surianti yang didampingi Kepala BPP Sinjai Barat Abdul Rahman. (Alam)


 Komentar

Berita Terbaru
Metro17 September 2021 20:52
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pengadaan Tas Pengantaran Makanan Gojek
Trotoar.id, Makassar -- Dengan komitmen membantu masyakarat khususnya di tengah pandemi, Gojek dengan penerapan J3K yakni Jaga Kesehatan, Jaga Kebersi...