Juara II SSIC 2021, Proyek Investasi Luwu Utara Masuk Agenda BAPPENAS

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Selasa, 14 September 2021 22:44

Proyek investasi Kabupaten Luwu Utara, yakni Pembangunan Pabrik Minyak Goreng berhasil menjadi juara kedua South Sulawesi Investment Challenge (SSIC) 2021.
Proyek investasi Kabupaten Luwu Utara, yakni Pembangunan Pabrik Minyak Goreng berhasil menjadi juara kedua South Sulawesi Investment Challenge (SSIC) 2021.

Trotoar.id, Luwu Utara — Proyek investasi Kabupaten Luwu Utara, yakni Pembangunan Pabrik Minyak Goreng berhasil menjadi juara kedua South Sulawesi Investment Challenge (SSIC) 2021.

Hal itu diketahui usai Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mempresentasikan proposal Investment Ready to Offer (IPRO) secara virtual, Selasa (14/9/2021), di hadapan Dewan Juri dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Investasi/BKPM, dan kalangan akademisi.

Sebelumnya, proyek investasi Luwu Utara masuk 8 besar SSIC bersama Jeneponto, Wajo, Parepare, Barru, Enrekang, Selayar, dan Bantaeng.

Namun, setelah melalui tahapan presentasi dan wawancara, mengerucut menjadi 3 besar, yaitu Parepare, Luwu Utara, dan Barru.

Parepare dengan proyek investasi Kawasan Industri dan Pergudangan Parepare dan Sekitarnya (KIPAS), serta Barru dengan proyek investasi Pengembangan Industri Galangan Kapal Yassiberui.

Dalam presentasinya, Bupati Indah Putri Indriani memaparkan bahwa apa yang dilakukan adalah optimalisasi potensi keunggulan daerah dengan pelibatan pihak swasta. Di mana salah satunya adalah pembangunan pabrik minyak goring.

“Kita berharap dengan Pabrik Minyak Goreng ini dapat berdampak luas, terutama pembukaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan petani kelapa sawit,” tutur Indah.

Proyek investasi ini, kata dia, memiliki potensi yang besar, karena juga sejalan dengan visi-misi Luwu Utara, yaitu Luwu Utara yang maju, mandiri dan harmonis. Ia menyebutkan, kelebihan proyek Ini adalah bahan bakunya yang cukup tersedia dalam waktu yang lama.

Selain itu, kata dia, jarak sumber bahan bakunya dekat, jarak distribusi ke konsumen relatif dekat, sehingga otomatis dapat menekan biaya, serta lokasi pabrik didukung prasarana jalan yang memadai.

“Saat ini di Kabupaten Luwu Utara yang ada adalah pabrik kelapa sawit, bukan pabrik minyak goring. Dari pabrik kelapa sawit ini kami lihat potensi bahan baku, bukan hanya potensi pabrik minyak goring, tapi potensi pabrik lainnya juga,” jelas Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

“Kenapa sawit kami pilih, karena masih punya potensi pengembangan sekitar 5.000 hektar ke depannya,” tandasnya.

Tiga pemenang SSIC 2021 ini nantinya akan dimasukkan ke dalam agenda BAPPENAS, untuk dipromosikan melalui forum promosi investasi, baik nasional maupun internasional, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala DPMPTSP Ahmad Jani, Kepala Bappelitbangda Alauddin Sukri, Kepala Disporapar Jumail Mappile, Kepala DP2KUKM Muhammad Kasrum , dan Kadis Kominfo SP Arief R. Palallo. (LH)

Penulis : LH


 Komentar

Berita Terbaru
News18 September 2021 15:49
33 Tahun Pengabdian, Alumni Akabri 89 Gelar Baksos dan Vaksinasi Masyarakat KBN Untia Makassar
Trotoar.id, Makassar -- Di Momen Istimewa 33 Tahun pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus menyambut peringatan HUT ke-76 TNI. ...
Daerah18 September 2021 15:21
Perkuat Sinergitas Stakeholder, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Gelar Pelatihan UMKM
Trotoar.id, Belopa -- Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian (DKUP) Kabupaten Luwu menggelar Pelatihan UMKM dengan mengangkat tema "Sinergitas Stakehol...
Metro18 September 2021 15:13
HUT Ke-76 PMI, 400 Orang Divaksin Hari Pertama Program Serbuan Vaksin Pemuda
Trotoar.id, Luwu Utara --- Sebanyak 400 orang divaksin COVID-19 pada program Serbuan Vaksin Pemuda dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Palang M...