Kecurangan Tes CPNS di Buol Sulteng Dibongkar, Ada Keterlibatan Kepala BKPSDM Setempat

Awal Nur
Awal Nur

Selasa, 26 Oktober 2021 14:22

Tes CPNS, (Ilustrasi).
Tes CPNS, (Ilustrasi).

BUOL –  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Pemkab Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng) dilaporkan terdapat kecurangan.

Bakan kabar ini telah diterima oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Pihaknya menyebut bahwa potensi kecurangan terjadi pada pelaksanaan SKD CPNS di Gedung BKPSDM Kabupaten Buol.

Disebutkan juga cara kerja kecurangannya dengan menginstal software remote akses sehingga PC (Komputer) yang digunakan peserta bisa diakses dari luar lokasi ujian. 

“Software ini dipasang/diinstall oleh Kepala BKPSDM bersama dua orang lainnya pada malam hari. Hasil bukti rekaman CCTV dihapus, tapi bisa direcovery oleh tim BKN dan BSSN,” kata Tjahjo, Selasa (26/10).

Kecurigaan adanya kecurangan pengawas di lokasi berawal dari terjadi blue screen pada salah satu PC peserta ujian. Ternyata PC tersebut dipasang software remote akses.

“Kemudian peserta diminta pindah duduk, tetapi yang bersangkutan tidak mau pindah dari PC tersebut,” tuturnya.

“Posisi duduk di komputer ini sudah diatur/diarahkan sebelumnya oleh panitia lokal. Terlihat hasil rekaman CCTV,” tuturnya.

Selain itu, Tjahjo mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan audit trail terhadap peserta tes. Audit trail ini untuk melihat aktivitas peserta selama pelaksanaan ujian.

Dari situ, lanjut dia, terlihat peserta sangat cepat dalam menyelesaikan soal, baik saat menampilkan soal maupun menjawab soal sangat cepat dengan rata-rata 8 detik per satu soal.

“Peserta tersebut hanya menampilkan soal kurang lebih 30 soal dalam hitungan detik (rata-rata 7 detik). Setelah menampilkan soal dalam hitungan detik, kemudian menjawab soal juga dalam hitungan detik (rata-rata 8 detik),” ujarnya.

“Ini sangat tidak mungkin terjadi, karena rata-rata waktu bagi peserta minimal 50-54 detik. Artinya dengan waktu yang begitu pendek, tidak mungkin orang bisa membaca soal bisa sangat cepat. Ini terjadi juga di soal-soal Tes Intelegensi Umum yang berisi hitung-hitungan,” imbuhnya.

Penulis : Redaksi

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...