Pemprov Sulsel

Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel

Awal Nur
Awal Nur

Rabu, 29 Mei 2024 19:17

Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel

Trotoar.id,Makassar – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, yang digelar di Sultan oAlauddin Hotel Makassar, pada Rabu, 29 Mei 2024.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rais Syuriah PBNU, Dr. KH. Zainal Abidin; Ketua PBNU, Dr. KH. Abdullah Latopada; Wakil Sekjen PBNU, Dr. KH. H. Sahabuddin; dan Rektor UIN Alauddin, Prof. H. Hamdan Juhannis.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Zudan menyampaikan bahwa konferensi wilayah NU memiliki peran penting dan strategis dalam menyamakan pandangan dan frekuensi dalam menjaga serta melayani umat. Ia mengemukakan tiga pesan utama:

1. Meneladani Kepemimpinan Rasulullah SAW:
Prof. Zudan menekankan pentingnya meneladani nilai-nilai kepemimpinan Rasulullah SAW yang berlandaskan sifat-sifat sidiq (jujur), amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathonah (cerdas).

“Kepemimpinan Qur’ani yang kemudian dijabarkan oleh Rasulullah, mari model kepemimpinan tersebut kita dorong terus ke semua jajaran,” ujarnya. Ia berharap dengan meneladani nilai-nilai ini, para pemimpin dapat menjadi lebih adil, bijaksana, dan bermanfaat bagi masyarakat.

2. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan:
Prof. Zudan mengapresiasi upaya NU dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pondok pesantren dan sekolah-sekolah formal. Ia menekankan pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang bebas dari kekerasan, baik fisik maupun verbal.

“Dunia pesantren ini harus kita bangun menjadi suasana yang menyenangkan, sehingga anak-anak nyaman menempuh pendidikan,” harapnya.

3. Peran NU dalam Menciptakan Suasana Aman dan Kondusif dalam Kontestasi Politik:
Prof. Zudan mengajak seluruh elemen NU untuk bersama-sama menjaga suasana yang aman dan kondusif, khususnya dalam menghadapi Pilkada.

“Mari kita saling mendoakan, sehingga terbangun aura positif saling mendoakan, semoga masyarakat Sulsel berbahagia, jauhkan kami dari musibah, dari bahaya dan fitnah,” pesannya.

Dalam penutupannya, Prof. Zudan menyampaikan pentingnya menyamakan frekuensi hati untuk bersama-sama menjaga dan melayani umat. Ia juga selalu menekankan kepada anak-anak muda dan jajaran birokrasi tentang pentingnya meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW.

Acara Konferwil XIV NU Sulsel ini menjadi momentum penting untuk memperkuat komitmen bersama dalam membangun masa depan Sulawesi Selatan dengan kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai Qur’ani dan ajaran Rasulullah SAW.

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro19 Juni 2024 20:38
Prof Zudan Apresiasi PT Vale yang Peduli Kesejahteraan Masyarakat
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Vale yang sangat peduli terhadap keberlanjutan da...
Metro19 Juni 2024 18:19
Indira Yusuf Ismail Tinjau Posyandu Palm 5
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan peninjauan ke Posyandu Palm 5 di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, pada Rabu, 19 J...
Politik19 Juni 2024 18:06
AIA Disebut Juru Kunci Pertarungan di Pilgub Sulsel 2024
Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024, nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) semakin mencuat sebagai tokoh kun...
Politik19 Juni 2024 18:01
Adnan Sambangi Markas Amran Sulaiman, Pengamat: Pertemuan Bersifat Spekulatif
Dinamika politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) semakin memanas. ...