Bila Terbukti Langgar UU dan PKPU, Ome-Bisa Terancam Lawan Kotak Kosong

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 14 April 2018 00:27

Bila Terbukti Langgar UU dan PKPU, Ome-Bisa Terancam Lawan Kotak Kosong

TROTOAR.ID, PALOPO – Dugaan mutasi yang dilakukan oleh Valon Wali Kota Incumbwnt, Judas Amir sebelum menjadi calon Walikota Palopo, terus bergulir di pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palopo.

Sedikitnya 4 saksi yang dihadirkan pihak pelaporkan kini menjalani pemeriksaan di Kantor Panwaslu Palopo, Jl Anggrek, Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Jumat (13/04/2018) sore.

Ke-4 saksi ini, merupakan korban dimutasi yang diduga dilakukan oleh Judas Amir saat masih menjabat sebagai Wali Kota Palopo. yakni 2 Kepala Sekolah, 1 Dokter, serta Perawat.

Menurut Ketua Panwaslu Kota Palopo, Syafruddin Djalal, bahwa pihaknya akan segerah memproses laporan ini, dan saksi sementara dalam proses pemeriksaan.

“Laporannya sudah kita terima, dan saksinya sementara kita mintai keterangan,” ungkap Djalal.

Untuk proses selanjutnya, Djalal mengaku akan segerah melakukan klarifikasi kepada Pjs Walikota Palopo, pihak BKD, Inspektorat, serta pihak terkait lainnya.

“Setelah pemeriksaan saksi, kita akan langsung mengklarifikasi kepada sejumlah pihak terkait mutasi pejabat tersebut. Seperti Pjs Wali Kota Palopo, BKD, Inspektorat, serta pihak berkompoten lainnta, termasuk ahli,” lanjutnya.

Setelah ditanya terkait dengan sanksi adanya mutasi ini, Djalal menyebutkan jika mutasi ini benar dilakukan dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, maka sanksinya tegas yakni mendiskualifikasi calon yang dimaksud.

“Jika ini terbukti melakukan mutasi dan tidak sesuai dengan aturan yang ada, maka sanksinya jelas yaitu sanksi administrasi diskualifikasi calon tersebut,” tambahnya.

Diketahui, Calon Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, diduga melakukan mutasi terhadap sejumlah pejabat yang ada dilingkup pemkot Palopo sebelum dan sesudah menjadi Calon Wali Kota Palopo lalu, seperti yang terdapat dalam SK mutasi yang ditandatangani oleh HM Judas Amir, tertanggal 17 November 2017 dan 09 februari 2018. (**)

 Komentar

Berita Terbaru
News19 April 2024 16:01
Potensi Koalisi Gerindra-Nasdem Mengemuka di Pilkada Serentak 2024
Pilkada Serentak tahun 2024 akan menjadi panorama politik di sejumlah wilayah termasuk di Sulawesi Selatan yang  menarik banyak perhatian publik ...
Metro19 April 2024 15:54
PJ Gubernur Dapat Gelar Adat Saoraja Kabupaten Bone
Dalam sebuah upacara adat yang sarat makna, Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone memberikan gelar adat "Daeng Mappuji" kepada Penjabat Gubernur Sulawesi ...
Daerah19 April 2024 09:58
Peduli Korban Bencana Tanah Longsor, Nasdem Tana Toraja Berikan Bantuan
artai Nasdem Tana Toraja, di bawah pimpinan Evivana Rombe Datu, mengambil langkah cepat dalam menanggapi bencana alam tanah longsor yang baru-baru ini...
Daerah19 April 2024 09:50
Muh. Saleh Hadiri Acara Perkenalan dan Silaturahmi dengan Kajati Sulsel
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si, turut menghadiri acara perkenalan dan silaturahmi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Agus Salim,...