KPU RI Sebut Golkar Teratas Calonkan Caleg Mantan Napi Korupsi

Suriadi
Suriadi

Kamis, 31 Januari 2019 07:08

KPU RI Sebut Golkar Teratas Calonkan Caleg Mantan Napi Korupsi

TROTOAR.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya mengumumkan nama 49 caleg mantan narapidana kasus korupsi, yang ikut mencalonkan diri sebagian caleg pada pemilu 17 April di sejumlah partai.

Ketua KPU Arief Budiman mengungkapkan jika terdapat sejumlah caleg mantan napi korupsi ikut mencolek di 12 partai politik dan empat partianyag tidak memiliki caleg mantan napi.

“Ada 12 parpol yang mencalonkan mantan napi korupsi menjadi caleg,” ungkap Arief Budiman

Menurutnya pengumuman mantan apai korupsi ikut mencaleg dianggapnya perlu diumumkan ke agar publik mengetahui.

“Jadi, data ini penting untuk diinformasikan ke publik, ” ujar Arief dalam konfrensi pers di Kantor KPU.

Diungkapkannya jika dari 12 partai politik, partai Golkar menempati daftar teratas, di mana tercatat ada 8 calegnya berstatus mantan napi korupsi.

Sementara sisanya empat partai, yakni PKB, Nasdem, PPP,

Terpisah, Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, pengumuman mantan caleg berstatus terpidana korupsi ini merujuk pada Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Jadi, di pasal itu mengsyaratkan calon legislatif dengan status mantan terpidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik,” ungkap Ilham.

Ke-49 nama tersebut terdiri dari 16 caleg DPRD Provinsi, 24 caleg DPRD kabupaten/kota, dan sembilan caleg DPD. Sementara untuk caleg DPR, tidak ada yang mantan narapidana kasus korupsi.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...