CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Turun Prabowo-Sandi Naik

0
208

TROTOAR.ID, Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang bersaing pada 17 April 2019 mendatang

Dari hasil survei pilpres yang digelar, CRC mengungkapkan jika elektabilitas pasangan calon Nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mengalami penurunan, sementara elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 Prbaowo-Sandi menunjukkan kenaikan.

Survei ynag di gelora CRC pada 23-31 January menyasar 1.200 responden yang memiliki hak pilih pada pemilu serentak, CRC juga menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling. Margin of error sruvei sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95,0 persen.

Baca Juga  Indikator Politik Prediksi 8 Partai Lolos Ambang Batas

“Dari hasil survei kami menu njuk kan Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin 56,1 persen dan Prabowo, 31.7 persen, ” Kata Direktur Eksekutif Celebes Research Center, Herman Heizer saat merilis hasil surveinya minggu (10/2/2019).

Sementara berdasarkan hasil survei CRC menunjukkan terdapat 12.2 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya terhadap dua pasangan calon yang bertarung.

Survei yang di gelar CRC di 34 Provinsi tersebut menunjukkan jika elektabilitas Pasangan Jokowi-Ma’ruf dari 56,2 persen mengalami penuturan sebesar 0.2 persen, sementara pasangan Prabowo Sandi mengalami kenaikan 0.4 persen dari 31.3 persen menjadi 31.7 persen

Baca Juga  LAPAR Sulsel-KPU Makassar Sosialisasi di Kampus UIM

Dalam mengumpulkam data CRC melakukan pendekatan dengan metode wawancara tatap muka langsung (face to face) dengan menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang sudah terlatih. Quality control survei sebesar 20 persen.

Diketahui CRC merupakan Lembaga Survei yang memiliki afiliasi dengan pasangan Jokowi-Ma’ruf. Dimama direktur CRC Herman Heizer mwrupakan ketua Relawan Pengusaha Nasional (Repnas) Sulawesi Selatan untuk Jokowi-Ma’ruf.

Baca Juga  Foto dengan Simbol Capres, Dua PPS Dipecat Bawaslu

Repnas adalah relawan dipelopori sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Secara nasional, Repnas dipimpin Eka Sastra, anggota DPR RI asal Partai Golkar. Ketua umum BPP Hipmi sendiri, Bahlil Lahadalia menjadi Direktur Penggalangan Pemilih Muda Tim Jokowi.