BPKAD Bantaeng Cek Fisik Randis

Suriadi
Suriadi

Rabu, 06 Maret 2019 16:43

BPKAD Bantaeng Cek Fisik Randis

TROTOAR.ID, BANTAENG — Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bantaeng mengumpulkan puluhan kendaran dinas roda empat dan roda dua di Lapangan Hitam, Bantaeng, Rabu, 5 Maret 2019.

Kendaran dinas itu berjejer rapi, satu persatu melalui proses cek fisik kendaraan. Cek fisik ini terkait dengan verifikasi kelayakan aset bergerak Pemkab Bantaeng. Aset-aset tersebut berasal dari 38 SKPD yang ada di Bantaeng.

Kepala Bidang Aset BPKAD Bantaeng, Ahmad Said mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Verifikasi kendaraan dinas ini dilakukan pada saat pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng.

“Ini adalah kegiatan yang memang sering digunakaan terkait khususnya kendaraan-kendaraan dinas pemerintah daerah,” jelas dia.

Dia menambahkan, salah satu tujuan dari cek fisik kendaraan dinas ini adalah untuk menyisir kendaraan yang membayar atau melunasi pajak tahunan.

“Kita ketahui memang dihampir semua daerah terdapat beberapa kendaaran dinas yang setiap tahun kadang lupa untuk memperpanjang dan membayar pajak,” jelas dia.

Dia mengatakan, berdasarkan rekomendasi BPK, hasil cek dan verifikasi kendaraan dinas ini akan digunakan untuk menentukan apakah kendaraan ini layak digunakan ataukan akan dihapuskan sebagai aset daerah.

“Kalau memang biaya operasionalnya lebih besar dibandingkan pemanfaatannya, maka bisa jadi aset itu akan dihapus,” jelas dia.

Jika memang aset itu akan dihapus, maka proses selanjutnya adalah melalui proses lelang. Proses lelang bisa dilakukan dua jenis. Bisa lelang tertutup dan lelang terbuka. Jika kendaraan itu digunakan oleh pejabat daerah setingkat Bupati, Wabup dan Sekda, maka lelang bisa dilakukan kepada pihak yang menggunakan kendaraan selama ini.

“Sedangkan jika kendaraan itu digunakan untuk operasional orang per orang, maka lelang akan dilakukan secara terbuka dan diketahui publik dan melalui balai lelang,” jelas dia.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
News28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...