PDRB Konstruksi Capai 540 Persen, ASA: Bukti Nyata Pembangunan Infrastruktur

Suriadi
Suriadi

Senin, 05 April 2021 16:51

Bupati Sinjai.
Bupati Sinjai.

TROTOAR.id—Laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor usaha konstruksi melonjak drastis hingga 540 persen. Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai di bawah kendali Bupati Andi Seto Asapa menjadi pemicunya.

Bedasarkan data Kabupaten Sinjai Dalam Angka tahun 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik Sinjai, laju pertumbuhan PDRB menurut lapangan usaha sektor konstruksi menunjukkan tren positif. Dimana pada tahun 2019 berada pada angka 2,14 persen.

Lalu melonjak pada tahun 2020 dan menduduki posisi 11,56 persen, atau naik hingga 540 persen dari tahun sebelumnya.

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, capaian ini menjadi bukti nyata jika pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pada tahun 2020 berdampak terhadap tumbuhnya pendapatan masyarakat. Baik pembangunan jalan, jembatan, maupun infrastruktur lainnya. 

Tentu hal ini juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat, terutama yang bergerak di bidang infrastruktur. “Alhamdulillah, kita bersyukur karena apa yang menjadi harapan kita untuk meningkatkan pendapatan masyarakat telah terwujud di sektor konstruksi,” ungkap ASA, Senin (5/4/2021).

Selain itu, lulusan Magister Monash University Australia itu meyakini jika pembangunan infrastruktur juga akan berdampak terhadap sektor perekonomian. Terutama pertanian, peternakan, pariwisata, perikanan, dan potensi lainnya.

Misalnya, hasil produksi pertanian mudah dijual dan tidak terlantar lagi karena jalan sudah mulus. Destinasi wisata mudah dijangkau dengan terbukanya akses jalan.

“Saya optimis bisa menggairahkan perekonomian dan menumbuhkan kesejahteraan masyarakat melalui stimulasi program yang kami lakukan,” tambahnya.

Diketahui, pada tahun 2020, Bupati ASA memang fokus pada pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan dengan anggaran sebesar Rp185 miliar. Dari porsi anggaran besar itu menghasilkan 132 kilometer jalan mulus dan 6 buah jembatan baru permanen.

Usaha konstruksi melalui program pembangunan infrastruktur ini juga menjadikan Sinjai menduduki posisi ketiga laju pertumbuhan PDRB tertinggi di Sulawesi Selatan. (Hms/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Danny Ikut Laga Sepak Bola Friendly Match Antara Tim Pemkot Lawan Legenda PSM
Metro12 April 2021 22:01
Danny Ikut Laga Sepak Bola Friendly Match Antara Tim Pemkot Lawan Legenda PSM
TROTOAR.ID, MAKASSAR,~ Sebagai penggemar olah raga Sepak Bola,Walikota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto menyempatkan diri bermain sepak bola dise...
Ceramah Tarwih Diawal Ramadhan, Danny Pomanto Himbau Jamaah Amalkan Isi Alquran
Metro12 April 2021 21:59
Ceramah Tarwih Diawal Ramadhan, Danny Pomanto Himbau Jamaah Amalkan Isi Alquran
TROTOAR.ID, MAKASSAR,~ Memasuki awal bulan suci Ramdhan 1442 H Walikota Makassar Moh.Ramdhan "Danny" Pomanto memberikan ceramah di Masjid Nur Al-Aqsa ...
Enam Pria Masuk Pengurus TP-PKK Luwu Utara
News12 April 2021 18:32
Enam Pria Masuk Pengurus TP-PKK Luwu Utara
TROTOAR.ID, LUWU UTARA --- Kalau selama ini Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu Utara dimonopoli kaum perempuan...
ASS Terima Rombongan Komisi X DPR RI di Kantor Gubernur Sulsel
News12 April 2021 18:06
ASS Terima Rombongan Komisi X DPR RI di Kantor Gubernur Sulsel
TROTOAR.id – Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka diterima oleh Plt...