Bupati Muchtar Ali Yusuf Hadiri Peresmian KMP Takabonerate

Awal Nur
Awal Nur

Jumat, 23 April 2021 19:01

Bupati Muchtar Ali Yusuf Hadiri Peresmian KMP Takabonerate

TROTOAR.id, Makassar – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI meluncurkan Kapal Penyeberangan Penumpang (KMP) Takabonerate. Kapal penumpang Ferry RO-RO 500 GT yang dibuat oleh PT Industri Kapal Indonesia diresmikan oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, di kawasan PT IKI Persero Makassar, Kamis 22 April 2021.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dan Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali diundang dalam peresmian ini.  Turut hadir meresmikan anggota Komisi V DPR RI Muh. Aras, dan Hamka B Kady, Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Marta Hadi Sarwono, Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP), Cucu Mulyana, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, serta Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa.

Rencananya, KMP Takabonerate akan dioperasikan oleh PT ASDP untuk melayani penyeberangan rute Pelabuhan Bira-Pamatata.

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa, menyampaikan, KMP Takabonerate ini sempat terkendala karena belum lengkap ABK yang akan mengoperasikan kapal penumpang ini. 

“Jadi kita bereskan sertifikasi kapalnya, kita kembalikan (PT IKI) untuk keamanan. Kita jaga aset negara ini agar tidak ada kerusakan. Alhamdulillah hari ini ABK KMP Takabonerate sudah lengkap, siap dioperasikan dan akan berlayar di Selayar,” katanya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menghanturkan terima kasih atas dukungan Ditjen Perhubungan Darat dengan menghadirkan KMP Takabonerate. Menurutnya, ini salah satu bentuk dukungan menuju Makassar sebagai hub Indonesia bagian Timur. 

“Alhamdulillah dengan KMP Takabonerate ini, kami tentu senang sekali. Insya Allah kepulauan diperkuat untuk kemaritiman. Kita optimalkan sekitar dua ribu bentangan pantai,” ungkapnya. (Adhy/Ttotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...