Awas… WA Palsu Bupati Sinjai Gentayangan

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Rabu, 28 April 2021 16:57

Awas… WA Palsu Bupati Sinjai Gentayangan

TROTOAR.ID, SINJAI – Modus baru penipuan dengan mencatut nama orang lain disebuah akun media sosial (Medsos) seperti aplikasi WhatsApp (WA) kembali terjadi di Kabupaten Sinjai.

Ironisnya, pelaku penipuan mencatut nama dan gambar Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) sebagai foto profil di akun WA tersebut untuk mengintai calon korbannya.

Informasi ini kemudian beredar di Facebook (FB) dan diunggah pertama kali akun Aponk AS-Sinjaiy disalah satu group publik. Beragam tanggapan akhirnya muncul dari para warga net terkait hal itu.

Dalam sebuah percakapan di WA itu, pelaku yang mengatasnamakan dirinya Bupati ASA bertanya dengan pengurus masjid Al-Amir. Belum jelas Masjid yang dimaksud berlokasi di daerah mana, yang jelas dalam percakapan pelaku meminta sebuah nomor rekening masjid.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi (Kasi) Humas Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Persandian Sinjai, Iswan Ahmad, menegaskan, jika hal itu adalah bentuk penipuan. Apalagi nomor telepon yang digunakan dalam akun WA itu, jelas bukan nomor pribadi Bupati ASA.

“Itu tidak benar, hanya mencatut nama dan foto pak Bupati saja,” kata Iswan, Rabu (28/4/2021).

Untuk itu, Iswan mengimbau masyarakat untuk tidak melayani hal yang seperti ini, karena jelas kata dia ini murni penipuan yang mengatasnamakan Bupati ASA.

Kejadian ini kata Iswan, bukan yang pertama kali. Sebelumnya, pekan lalu, aksi penipuan dengan modus yang sama juga mengintai sejumlah pejabat di Kabupaten Sinjai, khususnya pejabat eselon II yang baru saja dilantik sebagai Kepala Dinas.

“Kepada masyarakat Sinjai, kami mengimbau untuk tidak melayani pesan yang mengatasnamakan pak Bupati,” tandasnya.

Sebelumnya pekan lalu, pesan WA dengan modus mencatut nama dan gambar seseorang juga terjadi. Korbannya adalah Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Kamaruddin, Kepala Dinas Sosial, Andi Muh Idnan.

Tidak hanya itu pejabat lainnya yang pernah dicatut namanya dalam sebuah pesan singkat dan WA, ialah Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib, dan Sekretaris Dinkes Sinjai, drg Farina Irfani. (Irsan S/Trotoar)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Terbaring 2 Tahun, Danny Perintahkan Rosmiati Di Rujuk ke RS
Metro06 Mei 2021 00:03
Terbaring 2 Tahun, Danny Perintahkan Rosmiati Di Rujuk ke RS
TROTOAR.ID, MAKASSAR, — Warga kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo, Rosmiati ditemukan tidak berdaya di rumahnya di jalan Rappokalling timur RW 01...
Penetapan Rencana Kerja (Renja) Danny Harap Konsistensi Pelaksana
Metro06 Mei 2021 00:01
Penetapan Rencana Kerja (Renja) Danny Harap Konsistensi Pelaksana
TROTOAR.ID, MAKASSAR, — Penetapan Rencana Kerja (Renja) DPRD Kota Makassar tahun anggaran 2022 yang ditetapkan oleh Ketua DPRD diharapkan berjalan k...
Pemudik Dipastikan Tak Bisa Melintas di Bantaeng
Daerah05 Mei 2021 23:57
Pemudik Dipastikan Tak Bisa Melintas di Bantaeng
TROTOAR.ID, BANTAENG -- Pemerintah Kabupaten Bantaeng bersama unsur Forkopimda akan memperketat pengawasan di dua titik penyekatan untuk menghalau pem...
4.327 Personil Gabungan Akan Tahan Pemudik di Sulsel
News05 Mei 2021 21:47
4.327 Personil Gabungan Akan Tahan Pemudik di Sulsel
TROTOAR.id, Makassar – Mengenakan seragam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman...