Bisnis Properti Meningkat, Kadis Perkimtan Sinjai: Akan Berdampak pada Peningkatan Ekonomi

Awal Nur
Awal Nur

Selasa, 15 Juni 2021 17:03

Kadis Perkimtan Sinjai.
Kadis Perkimtan Sinjai.

TROTOAR.ID, SINJAI – Bisnis properti mengalami tekanan yang cukup besar di tengah pandemi Covid-19, ternyata tidak menyurutkan usaha perumahan yang dilakukan para developer (pengembang). 

Para pelaku bisnis properti ini memilih untuk tetap bertahan dan menggairahkan penjualan seiring dengan kebutuhan masyarakat Sinjai akan pentingnya rumah tempat tinggal yang nyaman sebagai kebutuhan primer semakin meningkat. 

Berdasarkan data dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan)  Kabupaten Sinjai, tahun 2021 ini ada empat perumahan yang dibangun oleh para developer yang ada di Sinjai. 

Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Sinjai Muhammad Irvan saat ditemui, Selasa (15/6/21) mengemukakan bahwa data perumahan yang ada saat ini sebanyak 27 unit perumahan yang tersebar di Kecamatan Sinjai Utara,  Sinjai Timur dan Sinjai Selatan. Jumlah ini akan bertambah sebanyak 4 unit perumahan berdasarkan permintaan izin yang dilakukan oleh para developer. 

“Tahun ini kami menerima permohonan izin pengesahan site plan sebanyak 4 lokasi rencana pembangunan perumahan dan semuanya sudah diproses termasuk izin prinsip dari Dinas PTSP Sinjai, ” jelasnya. 

Menyadari pentingnya penyediaan perumahan dan pemukiman yang nyaman dan sehat bagi masyarakat, pihaknya melalui kewenangan yang ada melaksanakan fungsi pengawasan guna menjamin pembangunan perumahan dan permukiman dilaksanakan dengan baik dan memperhatikan aspek kenyamanan.

“Kami telah melakukan penelitian sesuai administrasi dan aturan yang ada dimana dalam pengesahan site plan rencana pembangunan perumahan tersebut diwajibkan memiliki ruang terbuka hijau (RTH),  fasilitas umum dan fasilitas sosial. Keempatnya sudah terpenuhi dan saat ini dalam proses pembangunan, meski demikian kita akan selalu melakukan pengawasan, ” ujarnya. 

Keempat lokasi perumahan yang dimaksud,  masing-masing perumahan  Bumi Lammati Permai sebanyak 258 unit rumah di Kelurahan Lamatti Rilau, Bumi Sangiasseri Permai ada 37 unit rumah yang berlokasi di Kecamatan Sinjai Selatan,  Bumi Permata Sinjai di Kelurahan Bongki Sinjai Utara ada 391 unit rumah dan Bumi Tokinjong Mas di Kelurahan Balangnipa Sinjai Utara ada 139 unit rumah yang akan dibangun. 

“Dari 4 lokasi tersebut,  satu diantaranya perumahan disubsidi oleh pemerintah yaitu di Bumi Tokinjong Permai. Jika semua jadi saya kira masyarakat tidak kekurangan rumah sehingga bagi yang berminat bisa menghubungi pihak pengembang, ” kata Irvan. 

Irvan menambahkan bahwa menggeliatnya bisnis perumahan ini akan mendorong upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi, mengingat sektor perumahan  memiliki multiplier ekonomi sangat luas.

“Menggeliatnya bisnis usaha perumahaan tentu akan berdampak dan meningkatkan tingkat perekonomian sebab didalamnya akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit dan daya beli meningkat,” tutupnya. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...