Veronica Koman Somasi Pemerintah Indonesia Akan Laporkan ke PBB Terkait Tindakan Anggota TNI AU

Awal Nur
Awal Nur

Rabu, 28 Juli 2021 18:09

Pengacara HAM Veronica Koman. (ist).
Pengacara HAM Veronica Koman. (ist).

TROTOAR.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia akan dilaporkan ke Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Upaya ini adalah somasi kepada Indonesia yang dilakukan oleh Pengacara publik sekaligus aktivis HAM Papua, Veronica Koman.

Rencana gugatan itu akan dilayangkan jika oknum TNI AU yang menginjak kepala warga Papua tak diseret ke pengadilan umum. Menurutnya, hal ini penting agar penanganan perkara tersebut dapat dilakukan secara transparan. 

“Itu somasi saya untuk Pemerintah Indonesia. Begitu kedua prajurit ini dimulai prosesnya di peradilan militer, saya akan layangkan laporan ke UN-CERD,” kata Veronica saat dihubungi CNN, Rabu (28/7/2021).

Menurut Veronica, dua prajurit itu tak akan cukup jika hanya diberi sanksi internal TNI.

Selain itu, kata dia, perlu juga diusut mengenai dugaan perilaku diskriminasi dalam peristiwa itu,”Tuntutan saya dua: diadili di peradilan umum dan atas pasal diskriminasi rasial,” ucapnya.

Veronica yang saat ini menetap di Australia mengatakan bahwa isu-isu rasial dan diskriminasi tersebut nantinya akan disuarakan dalam somasi ke PBB tersebut.

“Untuk membuka mata internasional bahwa Pemerintah Indonesia ini tidak pernah mau dan bisa serius untuk menyelesaikan problem rasisme sistemik terhadap orang Papua,” tandasnya. (**)

 Komentar

Berita Terbaru
News19 April 2024 16:01
Potensi Koalisi Gerindra-Nasdem Mengemuka di Pilkada Serentak 2024
Pilkada Serentak tahun 2024 akan menjadi panorama politik di sejumlah wilayah termasuk di Sulawesi Selatan yang  menarik banyak perhatian publik ...
Metro19 April 2024 15:54
PJ Gubernur Dapat Gelar Adat Saoraja Kabupaten Bone
Dalam sebuah upacara adat yang sarat makna, Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone memberikan gelar adat "Daeng Mappuji" kepada Penjabat Gubernur Sulawesi ...
Daerah19 April 2024 09:58
Peduli Korban Bencana Tanah Longsor, Nasdem Tana Toraja Berikan Bantuan
artai Nasdem Tana Toraja, di bawah pimpinan Evivana Rombe Datu, mengambil langkah cepat dalam menanggapi bencana alam tanah longsor yang baru-baru ini...
Daerah19 April 2024 09:50
Muh. Saleh Hadiri Acara Perkenalan dan Silaturahmi dengan Kajati Sulsel
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si, turut menghadiri acara perkenalan dan silaturahmi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Agus Salim,...