Veronica Koman Somasi Pemerintah Indonesia Akan Laporkan ke PBB Terkait Tindakan Anggota TNI AU

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Rabu, 28 Juli 2021 18:09

Pengacara HAM Veronica Koman. (ist).
Pengacara HAM Veronica Koman. (ist).

TROTOAR.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia akan dilaporkan ke Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Upaya ini adalah somasi kepada Indonesia yang dilakukan oleh Pengacara publik sekaligus aktivis HAM Papua, Veronica Koman.

Rencana gugatan itu akan dilayangkan jika oknum TNI AU yang menginjak kepala warga Papua tak diseret ke pengadilan umum. Menurutnya, hal ini penting agar penanganan perkara tersebut dapat dilakukan secara transparan. 

“Itu somasi saya untuk Pemerintah Indonesia. Begitu kedua prajurit ini dimulai prosesnya di peradilan militer, saya akan layangkan laporan ke UN-CERD,” kata Veronica saat dihubungi CNN, Rabu (28/7/2021).

Menurut Veronica, dua prajurit itu tak akan cukup jika hanya diberi sanksi internal TNI.

Selain itu, kata dia, perlu juga diusut mengenai dugaan perilaku diskriminasi dalam peristiwa itu,”Tuntutan saya dua: diadili di peradilan umum dan atas pasal diskriminasi rasial,” ucapnya.

Veronica yang saat ini menetap di Australia mengatakan bahwa isu-isu rasial dan diskriminasi tersebut nantinya akan disuarakan dalam somasi ke PBB tersebut.

“Untuk membuka mata internasional bahwa Pemerintah Indonesia ini tidak pernah mau dan bisa serius untuk menyelesaikan problem rasisme sistemik terhadap orang Papua,” tandasnya. (**)


 Komentar

Berita Terbaru
Daerah25 September 2021 18:18
Ini 14 Tilok Pemeriksaan Swab Antigen CPNS Lutra yang Direkomendasikan Satgas COVID-19
Trotoar.id, Luwu Utara --- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Luwu Utara merilis 14 titik lokasi (tilok) pemeriksaan swab antigen ba...
Metro25 September 2021 18:00
Danny Pomanto: Pemkot Makassar Tak Ingin Ikut Campur Soal Pembangunan Stadion Mattoanging
Trotoar.id, Makassar -- Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Danny Pomanto menegaskan pemerintah kita tidak akan ikut campur tangan soal pembangunan Sta...
News25 September 2021 17:39
DPP Golkar Beri Bantuan Hukum Untuk Azis Syamsuddin
Trotoar.id, -- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengambil langkah-langkah terkait penangkapan Azis Syamsuddin yang dilakukan oleh Komisi Pembe...
News25 September 2021 16:33
Azis Syamsuddin Jadi Tersangka KPK, Golkar Siapkan Pengganti
Trotoar.id, Makassar -- Pasca ditetapkan dam ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KOK) Azis Syamsuddin langsung menyampaikan surat pengunduran d...