Dewan Pembina Nilai Pengembangan UIM On the Track. JK: Selanjutnya Prioritaskan Mutu Akademik

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Sabtu, 02 Oktober 2021 21:47

Dewan Pembina Nilai Pengembangan UIM On the Track. JK: Selanjutnya Prioritaskan Mutu Akademik

Trotoar.id, Makassar — Dewan Pembina Yayasan Al Gazali Makassar menilai program dan pengembangan Universitas Islam Makassar (UIM) di bawah kepemimpinan Rektor Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi sudah berada di jalur yang benar (on the track) bagi kemajuannya.

Hal ini terungkap dari rapat bersama Dewan Pembina, Dewan Pengurus dan pimpinan UIM di Rektorat UIM Lt 3, Sabtu (2/10/2021). “Perubahan UIM saat ini menunjukkan adanya optimisme bagi kemajuannya,” ujar anggota Dewan Pembina Prof Dr Mansyur Ramli MSi.

Rapat dihadiri Jusuf Kalla (JK). Pada kesempatan tersebut JK disepakati sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Gazali menggantikan allahuyarham Anregurutta KH Sanusi Baco.

Rapat dimoderatori langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Hj Fatimah Kalla dengan agenda mendengarkan laporan perkembangan pembangunan kampus dari dewan pengurus dan laporan Rektor UIM, serta penetapan susunan dewan pembina dan pengurus Yayasan Al Gazali.

“Perguruan tinggi itu seperti restoran. Orang tak lihat tempatnya tapi menunya enak atau tidak. Jadi dengan bangunan kampus yang bagus ini selanjutnya UIM fokus perbaikan kualitas atau mutu akademiknya,” ujar Wakil Presiden RI dua nperiode itu.

JK menyebut perguruan tinggi yang berpredikat terbaik saat ini, tercapai dengan kuncinya tidak boleh ada kelas kosong, harus ada dosen mengajar. “Perguruan tinggi jika baik mutunya maka akan hasilkan mahasiswa dan alumni terbaik,” tegasnya.

Dalam laporannya, Majdah mengungkapkan saat ini sudah 80 persen program studi terakreditasi B, sebelumnya pada 2015 sebaliknya 70 persen program studi hanya akreditasi C. “Saat ini ada tiga program studi agro bisnis, agro teknologi dan administrasi bisnis, yang berproses untuk meraih akreditasi unggul,” apalagi saat ini sedang di gagas pembukaan fakultas kedokteran urainya.

Dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga kata Majdah, UIM mendapatkan apresiasi dari Kemendikbud dan Ristek.

JK pada kesempatan itu juga meninjau bangunan baru rektorat yang telah selesai dan sedang dalam proses pebyelesaian interior.

Pada rapat itu juga menyepakati mematuhi peraturan tentang yayasan yakni tidak boleh dewan pembina maupun dewan pengurus rangkap jabatan oleh pelaksana.■

Penulis : Ady

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...