Petani Sinjai Buktikan Sapi IB lebih Menguntungkan

Fadli
Fadli

Minggu, 10 Oktober 2021 22:32

Petani Sinjai Buktikan Sapi IB lebih Menguntungkan

SINJAI – Program Inseminasi Buatan (IB) Plus yang dicanangkan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) sejak awal pemerintahannya terbukti berpihak kepada masyarakat, khususnya peternak sapi di Sinjai.

Sapi hasil IB atau kawin suntik ini dapat mensejahterakan peternak, betapa tidak pedet (anak sapi) yang dihasilkan jauh lebih berkualitas. Begitupun dengan harganya jauh lebih tinggi.

Pasalnya, pedet yang dihasilkan adalah pedet sapi impor seperti sapi Limosin, Brahma serta sapi Simental.

“Bicara keuntungan, jauh lebih besar jika sapi hasil IB dibandingkan sapi Bali yang kawin alami,” ungkap Salama salah satu peternak Sapi di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, Sabtu (09/10/2021).

Sebagai contoh perbandingan, kata Salama, pedet hasil IB berumur 8 bulan sudah dihargai Rp10 juta bahkan lebih. Berbeda dengan sapi hasil kawin alam hanya dihargai Rp4-5 Juta.

Dengan adanya program ini, Salama merasa senang dan bersyukur kepada Bupati ASA yang telah membuktikan keseriusannya dalam membangun sektor peternakan.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Bupati atas adanya program IB ini, karena hasil atau keuntungan yang didapat itu meningkat 2 kali lipat,” ucapnya.

Ia mengaku, program ini baru dirasakannya di era kepemimpinan Bupati ASA.

“Saya merasa senang program ini bisa hadir dalam meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, khususnya para peternak sapi,” tandasnya.

Sekedar diketahui, program IB Plus yang dipadukan dengan program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) merupakan salah satu program unggulan Bupati ASA di sektor peternakan.

Program ini dilaksanakan atas komitmen Bupati ASA untuk menjadikan Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi di Sulawesi.


 Komentar

Berita Terbaru
Daerah28 Oktober 2021 16:21
Hari Sumpah Pemuda, 6 PNS Luwu Utara Terima SK Pensiun
Trotoar.id, Luwu Utara — Sebanyak 6 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Luwu Utara menerima SK Pensiun terhitung mulai tanggal (TMT) 1 November 2021, Kamis (...
Metro28 Oktober 2021 16:18
Berpakaian Adat, Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lutra Berlangsung dengan Prokes Ketat
Trotoar.id, Luwu Utara ---Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 tetap dilaksanakan secara nasional, mulai dari tingkat pusat sampai k...
Metro28 Oktober 2021 16:14
Fokus Optimalisasi Pajak, Bapenda Makassar Kunjungi Pusdatin Bapenda DKI Jakarta
Trotoar.id, Jakarta -- Dalam rangka meningkatan pelayanan kepada masyarakat, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda ) kota Makassar melakukan kunjungan kerj...
Metro28 Oktober 2021 16:08
Ilham Azikin Resmikan Puskesmas Sinoa Jadi Rawat Inap, Bidan Dilengkapi Kendaraan Operasional
Trotoar.id, Makassar --- Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin meresmikan Puskesmas Sinoa menjadi puskesmas rawat inap. Peresmian ini digelar di pelataran...