NEWS

Ini Desain Penataan Pantai Merpati Bulukumba yang Disoal Isu Penggusuran

Suriadi
Suriadi

Jumat, 14 Januari 2022 12:07

Ini Desain Penataan Pantai Merpati Bulukumba yang Disoal Isu Penggusuran

Bulukumba — Penataan kawasan Pantai Merpati Kabupaten Bulukumba dilaksanakan tahun 2022. Paling lambat pekerjaan fisik dimulai pada bulan April setelah ditetapkan pemenang tender.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyiapkan sekitar 10 miliar untuk penataan kawasan Pantai Merpati. 

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (DPPP) Kabupaten Bulukumba, Djunaedi Abdillah mengungkapkan, penataan Pantai Merpati sebagai upaya peningkatan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Perencanaannya itu kuliner dan parkir, beberapa bangunan untuk kuliner akan kita buat serta tempat parkir yang memadai,” kata mantan Asisten II di Ruang Wakil Bupafi, Kamis, 13 Januari 2022.

Menurutnya dengan ditatanya Pantai Merpati dan dijadikan sebagai pusat kuliner, maka dengan sendirinya akan menyerap tenaga kerja, dimana ada banyak masyarakat yang dapat diberdayakan.

Kendati demikian, menurutnya sampai saat ini desain Pantai Merpati masih berbentuk draf atau rancangan sementara, dan baru akan ditetapkan secara detail oleh konsultan perencana sesuai anggaran yang tersedia di APBD.

Djunaedi menyampaikan bahwa proses tender proyek penataan Pantai Merpati akan dimulai pada Februari tahun ini.

“Kesiapan anggaran dulu sekarang sudah siap, sekarang ini sisa mau ditunjuk siapa pejabat pembuat komitmennya, siapa yang mau mengusulkan ke PBJ, setelah itu dilakukan proses lelang konsultan perencana,” urainya.

“Konsultan pemenang ini akan melakukan desain berdasarkan anggaran yang tersedia, setelah itu lelang fisik. Setelah lelang fisik baru mulai bekerja,” lanjutnya.

Pekerjaan fisik ditargetkan dimulai paling lambat pada April 2022, sementara proses pekerjaan ditargetkan selesai tahun 2022.

“Tahun ini ditargetkan selesai, artinya sudah bisa dinikmati oleh masyarakat khususnya Kabupaten Bulukumba,” tukasnya.

Sementara itu salah seorang warga Bulukumba, Musafir yang dimintai tanggapannya menyampaikan jika penataan Pantai Merpati adalah hal bagus untuk peningkatan ekonomi, juga akan semakin mempercantik kota Bulukumba.

“Di situ (pantai Merpati) kan nanti bisa menjadi pusat ekonomi yang baru,” ungkapnya.

Namun demikian, ia juga memahami bahwa setiap rencana pembangunan seperti penataan kota pasti memiliki dampak seperti adanya warga yang bermukim harus bergeser di lokasi itu. Tapi secara umum masyarakat Bulukumba pasti mendukung penataan kawasan Pantai Merpati untuk kemajuan Bulukumba.

Dari desain sementara penataan kawasan Pantai Merpati, selain  tempat kuliner dan gazebo, juga terdapat anjungan menuju laut agar pengunjung bisa merasakan sensasi ombak air laut. 

Sebelumnya diberitakan sekelompok masyarakat sipil membawa aspirasi ke DPRD Sulsel terkait isu penggusuran di Pantai tersebut. Kamis (13/1). Alam)


 Komentar

Berita Terbaru
Daerah28 Januari 2022 11:41
Andi Utta: Jika Ada Panrita Lopi, Maka di Bulukumba Juga Panrita Bonsai
BULUKUMBA—Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bulukumba menggelar Pameran dan Kontes Bonsai skala Nasional di Kabupaten Bulukumba, ...
sosial28 Januari 2022 11:30
Andi Sudirman Instruksikan BPBD Kirim Bantuan Korban Kebakaran di Bone dan Pangkep
MAKASSAR— Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel untuk mengir...
News27 Januari 2022 22:40
Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Kepulauan Selayar
MAKASSAR—Gempa berkekuatan Magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Gempa terjadi pada Kamis (27/1/2022), pukul 20.20 ...
Daerah27 Januari 2022 20:46
Pemda Lutra Raih Penghargaan Ombusman
Makassar, — Satu lagi kado Awal tahun 2022 yang menjadi semangat bagi Kabupaten Luwu Utara. Bagaimana tidak, di awal tahun ini Ombudsman RI memberik...