DPRD Sulsel

Pansus Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan Kunjungan Kerja ke Parepare

Awal Nur
Awal Nur

Selasa, 13 September 2022 18:38

Panitia Khusus Rancangan Peraturan daerah Tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan melakukan kunjungan kerja di Kantor Dinas Perpustakaan Kota Parepare. 
Panitia Khusus Rancangan Peraturan daerah Tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan melakukan kunjungan kerja di Kantor Dinas Perpustakaan Kota Parepare.

Trotoar.id, Makassar – Panitia Khusus Rancangan Peraturan daerah Tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan melakukan kunjungan kerja di Kantor Dinas Perpustakaan Kota Parepare.

Kunjungan kerja di pimpin langsung ketua Pansus Fauzi A. Wawo dan diterima langsung oleh Bapak Anwar Amir, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare didampingi oleh beberapa staf dan beberapa penggiat literasi Kota Parepare.

Pada kunjungan Fauzi A Wawo menjelaskan, Pansus ingin mendapatkan gambaran berupa saran dan masukan terkait dengan penyusunan ranperda tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan. 

“Hal ini juga disampaikan oleh Fauzi A. Wawo, bahwa ini masih rancangan perda dan kami tetap membuka ruang kepada semua pihak untuk memberikan saran dan masukan di dalam pembahasan ranperda kita,” Kata Fauzi  

Fauzi A. Wawo  juga berharap dengan perda ini nantinya tidak hanya mencerdaskan anak bangsa, tetapi juga bisa mensejahterakan masyarakat Sulawesi Selatan. 

“Perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca buku, tetapi sebagai tempat untuk mengimplementasikan apa yang dibaca.” Ucapnya  

Pada kunjungan tersebut juga ikut hadiri beberapa anggota Pansus diantaranya A. Debbie Purnama (Fraksi Golkar), A. Ayu Andira (Fraksi Golkar), Capt. Hariadi (Fraksi Nasdem), Drs. Marjono (Fraksi Gerindra), Hj. Sri Rahmi (Fraksi PKS), Hj. Haslinda (Fraksi PKS), Dr. Husmaruddin (Fraksi PAN), Dan Mukhtar Badewing (Fraksi PAN). 

Kunjungan kerja ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Sulsel Bapak Dr. Jayadi Nas serta Tim Ahli/Kelompok Pakar DPRD Sulsel, yaitu Prof. Dr. Pangerang Moenta, dan Dr. H. Ramli Haba, SH. MH. 


Diketahui Pemerintah Kota Parepare telah menetapkan Perda Nomor 15 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan yang merupakan perda inisiatif DPRD. Perda ini kemudian ditindaklanjuti Perwali Nomor 35 Tahun 2021. 

Menurut Ilham Mustamin dari penggiat literasi Sampan Institut yang hadir pada pertemuan tersebut menyebutkan, perlunya pemberdayaan buku-buku lokal yang ada serta menekan biaya pengiriman buku dari Pulau Jawa yang masih mahal. 

Ilham juga menjelaskan bahwa masih kurangnya referensi buku yang ada sebagai bahan bacaan di masyarakat dan ini mungkin bisa menjadi perhatian pemerintah setempat.

Penulis : Fadli

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 September 2022 10:59
Begini Keakraban Gubernur Sulsel Bersama Waketum Ahmad Ali di Jalan Sehat Partai Nasdem
Trotoar.id, Makassar-- Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti Jalan Sehat Restorasi Partai Nasdem di Center Point of Indonesia (C...
Metro25 September 2022 10:55
Peserta Jalan Sehat Nasdem Membludak, RMS Tambah Hadiah Mobil
Trotoar.id, Makassar – Tingginya antusias [email protected] semangat masyarakat Kota Makassar dan Sulsel mengikuti jalan sehat restorasi partai Nasdem cukup tingg...
Metro25 September 2022 10:36
Dijamu Danny-Fatma, Nasdem: Terima Kasih Makassar
Trotoar.id, Makassar,— Ratusan pengurus dan kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) menghadiri jamuan makan malam Wali Kota dan Wakil Wali Kota Maka...
Metro25 September 2022 00:13
Menyambut Kesediaan Anies Nyampres, 17 Simpul Relawan KoReAn Konsolidasi di Jakarta.
Trotoar.id, Makassar -- Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), Muhammad Ramli Rahim menyambut bersikap Gubernur DKI Jakarta, Anies Ba...