Pemda Lutra

Indah Putri Indriani Raih Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022

Awal Nur
Awal Nur

Jumat, 23 September 2022 20:33

Indah Putri Indriani Raih Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022

Trotoar.id Jakarta — Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berhasil meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 kategori Literasi Bencana versi Tempo Media Grup, Kamis (22/9/2022), di Hotel Westin, Jakarta.

Tak hanya Indah, 12 Kepala Daerah Perempuan lainnya juga menerima penghargaan yang sama pada kategori berbeda. Salah duanya adalah Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), dan Anne Ratna Mustika (Bupati Purwakarta, Jawa Barat).

Dalam penganugerahan bertajuk “Apresiasi Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022” yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini, Indah tak hadir. Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini diwakili oleh Kabag Hukum, Suryadi.

Dikutip dari tempo.co, penghargaan ini diberikan sebagai ajang apresiasi bagi kepala daerah yang dianggap berprestasi. Masih dikutip tempo.co, Mendagri Tito Karnavian berharap pengharaan ini bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah yang lain.

“Bukan hanya yang perempuan, tetapi juga kepala daerah yang laki-laki,” ujar Tito. Pemberian penghargaan ini untuk memperingati HUT ke-77 RI. Diketahui, para penerima penghargaan dipilih dari sekitar 50 perempuan kepala daerah yang masih menjabat.

Dalam proses penilaian dan seleksi, Tempo Media Grup melibatkan sejumlah lembaga, di antaranya adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Bappenas, Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), serta CISDI.

Terpisah, Bupati Indah Putri Indriani menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Tempo Media Grup. “Terima kasih kepada Tempo atas apresiasi sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 kategori Literasi Bencana,” ujar Indah.

Penghargaan yang diterimanya ia persembahkan buat masyarakat Luwu Utara. “Sungguh ini adalah bonus. Kami lakukan tanpa pernah memikirkan akan diberi apresiasi, tetapi literasi bencana ini memang menjadi kebutuhan daerah seperti Luwu Utara,” katanya.

“Mohon maaf karena terkendala untuk hadir langsung menerima apresiasi ini. Salam hormat untuk Manajemen Tempo dan seluruh jajaran. Semoga senantiasa menjadi pelopor penyaji informasi berkualitas melalui jurnalisme investigasi,” harap ibu dua anak ini. (LH)

Berikut 13 Kepala Daerah Perempuan yang menerima penghargaan:

  1. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) Kategori Inovasi Percepatan Layanan Publik;
  2. Tjhai Chui Mie, Wali Kota Singkawang (Kalimantan Barat) Kategori Inovasi Kota Toleransi;
  3. Umi Azizah, Bupati Tegal (Jawa Tengah), Kategori Ekosistem Wirausaha;
  4. Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta (Jawa Barat), Kategori Pelayanan Warga;
  5. Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto (Jawa Timur), Kategori Inovasi Satu Data;
  6. Winarti, Bupati Tulang Bawang (Lampung), Kategori Mal Pelayanan Publik;
  7. Ratna Machmud, Bupati Musi Rawas (Sumsel), Kategori Pemberdayaan Masyarakat;
  8. Indah Putri Indriyani, Bupati Luwu Utara (Sulwesi Selatan), Kategori Literasi Bencana;
  9. Kasmarni, Bupati Bengkalis (Riau), Kategori Aksesibilitas Informasi;
  10. Safitri Malik S, Bupati Buru Selatan (Maluku), Kategori Inovasi Aksesibilitas Kesehatan;
  11. Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang (Banten), Kategori Innovasi Peningkatan SDM;
  12. Rahma, Wali Kota Tanjung Pinang (Kepri), Kategori Pemanfaatan Sistem Seleksi CPNS; dan
  13. Eva Dwiana, Wali Kota Bandar Lampung (Lampung), Kategori Revitalisasi Sungai.
Penulis : LH

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...