Pemd Bulukumba

Jelang Penilaian Adipura, Bupati Andi Utta: Ciptakan Budaya Bersih Bukan Karena Adipura

Fadli
Fadli

Senin, 22 Januari 2024 15:44

Saat ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui leading sektor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tengah mempersiapkan penilaian Adipura Tahun 2024. Di awal tahun ini DLHK mengontrol dan membenahi titik titik yang akan menjadi lokus penilaian.
Saat ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui leading sektor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tengah mempersiapkan penilaian Adipura Tahun 2024. Di awal tahun ini DLHK mengontrol dan membenahi titik titik yang akan menjadi lokus penilaian.

Trotoar.id,Bulukumba,- Saat ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui leading sektor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tengah mempersiapkan penilaian Adipura Tahun 2024. Di awal tahun ini DLHK mengontrol dan membenahi titik titik yang akan menjadi lokus penilaian.

Kegiatan gotong royong warga untuk kebersihan juga terus digalakkan di seluruh kelurahan di kota Bulukumba. Begitu pula peran organisasi seperti TP PKK dan Dekranasda melakukan Gerakan Jumat Bersih setiap pekannya.

Untuk itu Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf meminta jajarannya untuk terus mengedukasi dan memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan. Perilaku hidup bersih kata Andi Utta sapaan akrabnya bukan bertujuan karena hanya untuk mendapatkan Piala Adipura.

“Meski Bulukumba akan dinilai, tapi kita harus tanamkan bahwa kebersihan adalah bagian dari diri kita dan tanggungjawab kita bagaimana mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk tidak lagi memiliki kebiasaan buang sampah sembarang dan mencemari lingkungan,” ungkapnya Andi Utta saat memimpin Apel Gabungan OPD di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin 22 Januari 2024.

Lebih lanjut dikatakan jika kesadaran warga akan kebersihan terbangun, maka tidak perlu lagi menunggu waktu dan bekerja keras mempersiapkan diri untuk penilaian Adipura.

Pada kesempatan itu, Bupati Andi Utta juga menggugah kesadaran para aparatur Pemda Bulukumba agar dalam masa pengabdiannya sebagai ASN memiliki manfaat bagi masyarakat.

ASN kata Andi Utta memiliki masa expired atau batas waktu dalam menjalankan tugasnya, sehingga ia berharap waktu sebelum pensiun itu betul-betul digunakan untuk berbuat yang terbaik kepada masyarakat.

“Saya minta untuk kita berbuat, tunjukkan bahwa saya mampu dan berkinerja dan masyarakat bisa nikmati apa program kegiatan yang telah kita kerjakan,” imbuhnya.

Sementara itu, terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Andi Uke Indah Permatasari menyampaikan bahwa sejak dilantik sebagai kepala dinas pada Desember 2023 yang lalu, sejumlah tugas penting menjadi tanggungjawab untuk dilaksanakan, termasuk mempersiapkan penilaian Adipura yang rentan waktunya pada bulan Januari dan Februari.

Untuk itu pihaknya terus mengedukasi warga, utamanya di kelurahan-kelurahan untuk melakukan gerakan kebersihan di lingkungan masing masing. Begitu pula pihak sekolah juga ikut terlibat untuk membersihkan lingkungan sekolah masing masing.

“Kita juga kembali galakkan Jumat Bersih, dimana warga bersama pemerintah kelurahan gotong royong membersihkan,” ungkap Andi Uke.

Selain itu, pihaknya juga fokus memantau dan melakukan pembersihan saluran drainase karena sudah memasuki musim hujan. 

“Kita kembali mengangkat sedimen di drainase yang bisa menyebabkan aliran air terhambat,” ungkapnya.

Untuk menampilkan wajah kota yang lebih indah, pihaknya dengan kolaborasi OPD juga melakukan pengecatan kembali di taman taman dan dinding kanal.(*)

Penulis : Aldi

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga24 Februari 2024 18:51
300 Lebih Atlet Akan di Berangkatkan ke PON XXI, KONI Sulsel: Kami Kekurangan Anggaran
Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Mujiburrahman berharap agar kiranya pemerinta provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar kira...
Politik24 Februari 2024 18:36
Ditangan APPI Golkar Kembalikan Kejayaan Sebagai Pemenang Pemilu di Kota Makassar
Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan umum di tingkat provinsi, Partai Golkar di kota Makassar mampu menunjukkan keberhasilannya keluar sebagai...
Olahraga24 Februari 2024 18:16
Pengurus PASI Sulsel Resmi Dilantik, Pahlevi: Langkah Awal Menuju Atlet Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan periode 2023-2027 resmi dilantik dalam sebuah acara yang diadakan pada h...
News24 Februari 2024 15:55
Bupati Bulukumba Andi Utta Dorong Implementasi Aktif Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim
Konsorsium PAYO-PAYO OASE menyelenggarakan konsultasi publik untuk menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Bulukumba....