Pemda Luwu Utara

28 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Luwu Utara Sujudkan Komitmen melalui Penandatanganan Perjanjian Kinerja

Fadli
Fadli

Selasa, 30 Januari 2024 17:44

28 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Luwu Utara Sujudkan Komitmen melalui Penandatanganan Perjanjian Kinerja

Trotoar.id, Luwu Utara – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) oleh 28 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan ini, yang diawali oleh Pj. Sekretaris Daerah, menjadi manifestasi komitmen pemerintah daerah dalam mencapai target kerja yang terukur.

“Penandatanganan perjanjian ini adalah kewajiban awal setiap tahun, menandakan komitmen kita bersama dalam menyelenggarakan pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel,” kata Indah dalam acara tersebut di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (30/1/2024).

Penandatanganan perjanjian kinerja bukan hanya ritual rutin, melainkan implementasi dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Ini memberikan dasar bagi pimpinan unit kerja untuk merancang strategi pelaksanaan setiap program dan kegiatan.

“Langkah awal bagi setiap pimpinan unit kerja untuk mengambil langkah strategis dalam pelaksanaan setiap program dan kegiatan,” ungkap bupati perempuan pertama di Sulsel tersebut.

Indah menjelaskan bahwa perjanjian kinerja memiliki tujuan memberikan pemahaman mengenai tujuan, sasaran, indikator, serta target program RKPD Kabupaten Luwu Utara tahun 2024.

“Tujuannya agar setiap pimpinan paham tugas, fungsi, dan prioritasnya masing-masing, sehingga dapat menghasilkan program kegiatan yang mendukung pelaksanaan RKPD tahun 2024,” terang Indah.

Selain itu, perjanjian kinerja juga bertujuan memperkuat integritas dengan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dan meminimalkan dampak yang menjadi kendala dalam mencapai tujuan di masing-masing perangkat daerah.

Bupati Indah memberikan pesan agar seluruh pimpinan pratama mengeluarkan potensi terbaik dalam berinovasi.

Evaluasi SAKIP tahun 2023 menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu Utara meraih predikat baik (B) dengan nilai 66,77. Namun, dia berharap ada peningkatan di masa depan.

“Terus tingkatkan kinerja dan laksanakan evaluasi program kegiatan di unit kerja masing-masing secara berkelanjutan,” pesan Indah.

Tak kalah penting, Indah mengingatkan agar pejabat pimpinan tinggi segera menandatangani perjanjian kinerja di internal perangkat daerah masing-masing.

Penulis : Lhr

 Komentar

Berita Terbaru
News26 Februari 2024 18:58
Pimpin Upacara Perdana, Pj Bupati Luwu : Santai, Serius Dan Selesaikan
Bupati Luwu Muh Saleh, setelah dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Luwu untuk pertama kalinya memimpin upacara bendera di lapangan upacara kantor B...
News26 Februari 2024 18:53
Wakil Ketua DPRD Sulsel Minta BPBD Sulsel Prioritaskan Penanganan Longsor di Luwu: 
Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, menginstruksikan untuk segera melakukan penanganan terha...
News26 Februari 2024 16:41
Hadiri RAT Koperasi Berkat, Andi Makkasau Puji Kinerja Bupati Andi Utta
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk Tahun Buku 2023, di Ballroom Ammatoa Hotel Agri Bulukumba....
Politik26 Februari 2024 16:36
Nasdem Mendominasi Perolehan Suara, PKB, PDIP, PAN Gagal Raih Kursi di Dapil Sulsel 9
Persaingan politik di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) 9 yang terdiri dari tiga kabupaten Pinrang, Sidrap dan Enrekang  harus mener...