Pemkab Banyumas Studi Komperatif di Gowa

Suriadi
Suriadi

Rabu, 01 November 2017 13:25

Pemkab Banyumas Studi Komperatif di Gowa

Trotoar. Id, SUNGGUMINASA — Sebanyak 24 orang rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Koordinasi Pimpinan Daerah (Kominda) Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah melakukan studi komperatif di Kabupaten Gowa.

Rombongan diterima langsung oleh Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi Pemkab Gowa, Mappasomba SE didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Gowa, Baharuddin di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Rabu (1/11).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Banyumas, Srieyono sebagai Ketua Rombongan memaparkan tujuan datang ke Gowa untuk mencari informasi tentang sejarah dan cara menjadikan Gowa sebagai wilayah yang tetap kondusif meskipun Gowa berbatasan langsung dengan wilayah Kota Makassar yang notabenenya Ibu Kota Provinsi.

“Sebagai salah satu objek studi komperatif kami memilih Kabupaten Gowa karena penasaran Gowa terkenal dengan wilayah kerajaan yang besar dan merupakan tonggak perjuangan Nusantara terutama di wilayah bagian timur dan Gowa sendiri menjadi penyangga ibu kota Provinsi Sulsel namun bagaimana kabupaten sebesar ini masih tetap aman,” jelasnya.

Sementara Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi Kabupaten Gowa menerima dan mengapreseasi kedatangan rombongan Pemkab Banyumas.

“Kabupaten Gowa merupakan bekas kerajaan besar yang memiliki wilayah yang sangat luas bahkan meliputi wilayah Filipina bagian selatan sampai di wilayah Aborigin Australia bagian utara. Kabupaten Gowa juga merupakan tanah kelahiran dari dua pahlawan nasional yakni Sultan Hasanuddin dan Syech Yusuf Al Makassari, itulah sedikit sejarah tentang Kerajaan Gowa,” jelasnya.

Keberhasilan seorang pemimpin dalam memimpin sebuah wilayah, baik itu Bupati/Walikota/Gubernur, apabila wilayah yang dipimpinnya kondusif, warganya hidup tenang dan nyaman.

“Sehubungan dengan hal tersebut di Gowa kami sangat memperhatikan kondisi keamanan tersebut. Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi yang notabene memiliki tingkat keamanan yang rawan konflik, Pemerintah Kabupaten Gowa dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah bekerjasama dan selalu melakukan koordinasi dalam menangani konflik-konflik yang mengacam keamanan masyarakat,” tambahnya. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Metro19 Juni 2024 20:38
Prof Zudan Apresiasi PT Vale yang Peduli Kesejahteraan Masyarakat
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Vale yang sangat peduli terhadap keberlanjutan da...
Metro19 Juni 2024 18:19
Indira Yusuf Ismail Tinjau Posyandu Palm 5
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan peninjauan ke Posyandu Palm 5 di Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, pada Rabu, 19 J...
Politik19 Juni 2024 18:06
AIA Disebut Juru Kunci Pertarungan di Pilgub Sulsel 2024
Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024, nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) semakin mencuat sebagai tokoh kun...
Politik19 Juni 2024 18:01
Adnan Sambangi Markas Amran Sulaiman, Pengamat: Pertemuan Bersifat Spekulatif
Dinamika politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) semakin memanas. ...