Alhamdulillah Kini Sperma Bisa Jadi Obat Pembunuh Sel Kanker

Suriadi
Suriadi

Minggu, 17 Desember 2017 18:57

Alhamdulillah Kini Sperma Bisa Jadi Obat Pembunuh Sel Kanker

Trotoar.id, Jakarta — Terobosan dalam dunia kedokteran terus berkembang, saat ini para ahli ilmu kedokteran yang tergabung dal tim peneliti dari Leibniz Institute For Solid State and Material Research Dersden berhasil menemukan cara baru untuk mematikan sel-sel kanker yang bersarang dalam tubuh penderitanya.

Dalam sebuah hasil Research yang dilakukan dan diterbitkan di New Scientist mengungkapkan bila Sperma dapat menjadi obat untuk mematikan sel-sel kanker yang efektif dan tidak miliki resiko efek samping sama dengan kemoterapi.

Bahkan dalam articel yang dilangsir New Scientist peneliti mengatakan bila sperma menawarkan banyak manfaat dalam hal kedokteran termasuk menjadi obat bagi penderita kanker. Sperma dianggap secara alami bergerak, dan dapat membungkus obat tersebut sehingga tidak terdilusi oleh cairan tubuh, serta melindungi obat dari enzim yang dapat menghancurkannya.

Selain itu peneliti juga mengungkapkan Selain itu, sperma juga tidak menyebabkan respon kekebalan seperti jenis sel lainnya, dan mereka tidak menduplikat atau membentuk koloni yang tidak diinginkan.

Dalam penelitiannya, tim merendam bila sperma dalam obat kanker yang disebut doksorubisin. Selama prosesnya, sperma akan menyerap obat itu dan menyimpannya di dalam diri bagi penderita itu sendiri.

Bahkan bila sperma yang mengandung obat tersebut dilepaskan ke jenis tumor eksperimental, makan akan menurungkan 90 persen sel kanker hidup.

Selanjutnya, para peneliti juga memasang topi berlapis besi kecil ke sel sperma yang memungkinkan sel dipandu oleh magnet, yang membuat para periset mengontrol arahnya dan mengarahkannya ke tumor. Ketika sel-sel menabrak tumor, cabang topi terbuka, dan melepaskan sperma, yang kemudian menembus tumor.

Temuan ini masih bersifat awal tapi menjanjikan. Peneliti mengatakan bahwa ke depannya, mereka perlu mengetahui tingkat dosis dan cara mengendalikannya.

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga24 Februari 2024 18:51
300 Lebih Atlet Akan di Berangkatkan ke PON XXI, KONI Sulsel: Kami Kekurangan Anggaran
Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Mujiburrahman berharap agar kiranya pemerinta provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar kira...
Politik24 Februari 2024 18:36
Ditangan APPI Golkar Kembalikan Kejayaan Sebagai Pemenang Pemilu di Kota Makassar
Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan umum di tingkat provinsi, Partai Golkar di kota Makassar mampu menunjukkan keberhasilannya keluar sebagai...
Olahraga24 Februari 2024 18:16
Pengurus PASI Sulsel Resmi Dilantik, Pahlevi: Langkah Awal Menuju Atlet Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan periode 2023-2027 resmi dilantik dalam sebuah acara yang diadakan pada h...
News24 Februari 2024 15:55
Bupati Bulukumba Andi Utta Dorong Implementasi Aktif Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim
Konsorsium PAYO-PAYO OASE menyelenggarakan konsultasi publik untuk menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Bulukumba....