KPU Sulsel: Dukungan IYL-Cakka TMS

Suriadi
Suriadi

Rabu, 03 Januari 2018 05:12

KPU Sulsel: Dukungan IYL-Cakka TMS

 

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) provinsi Sulawesi Selatan telah resmi menetapkan jumlah hasil dukungan Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur jalur perseorangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzadkkar (IYL-Cakka) tidak memenuhi syarat dukungan calon perseorangan sebesar 480.124

Dalam rapat pleno terbuka yang di gelar di grand hotel clarion, KPUD Sulsel menetapkan dukungan IYL-Cakka sebanyak 476.734. Jumlah tersebut, belum memenuhi syarat minimal dukungan untuk jalur independen atau perseorangan di Pilgub Sulsel.

“Dari Hasil rapat pleno tadi, berdasarkan rekap terhadap hasil rekapitulasi KPUD kabupaten/kota, menetapkan jumlah dukungan pasnagan IYL-Cakka tidak memenuhi syarat dukungan minimal, dan hasil dalam rapat pleno terbuka menetapkan 476.734 dukungan, sehingga memiliki kekurangan sebesar 3.390 dukungan yang harus dikali dua, ” kata Iqbal Latif ketua KPUD Provinsi Sulawesi Selatan usia menggelar rapat pleno.

Dengan adanya kekurangan dukungan, KPU memberikan waktu sela 7 hari untuk pasangan IYL-Cakka melakukan perbaikan, atau menambah KTP dukungan sesuai dengan peraturan dan persyaratan yang berlaku.

“Kita berikan kesempatan kepada​ tim paslon untuk melakukan penambahan dukungan, minimal dua kali lipat dari jumlah yang kurang tersebut, atau sebesar 6.780 KTP,” urainya.

Diketahui, dukungan minimal untuk lolos verifikasi faktual yakni sebesar 480.124 yang tersebar paling minimal di 13 kabupaten/kota di Sulsel.

Berdasarkan PKPU RI Tahun 2017, dukungan bakal calon pasangan perseorangan yang belum mencukupi jumlah yang dipersyaratkan, berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU, harus menambah minimal dua kali lipat jumlah dukungan.

Meskipun demikian, menurut Iqbal, tambahan dukungan bakal calon, tidak perlu lagi tersebar merata di minimal 13 kabupaten/kota. Sebab, pada tahapan sebelumnya, sebaran dukungan tersebut telah dipenuhi.

“Prinsip dasarnya kita akan lakukan verifikasi lagi untuk jumlah dukungan tambahan tersebut. Akan tetapi, tidak lagi minimal 50% dari jumlah kabupaten/kota yang ada di Sulsel. Jadi, hanya menggenapkan kekurangan saja,” pungkas Iqbal.

Perlu diketahui jika dukungan KTP yang akan ditambahkan, tidak bisa berasal dari KTP yang telah dimasukkan saat penyerahan berkas november 2017 lalu, berkas KTP yang akan di masukkan adalah KTP yang belum pernah di masukkan dam didaftar oleh paslon. (Ady)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Politik14 Juni 2024 03:27
Ulfah dan Mudassir Hasri Gani Kompak Mengembalikan Formulir di PSI untuk Pilkada Barru 
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Barru  Ulfah Nurul Huda dan Mudassir Hasri Gani, kompak mengembalikan Formulir pendaftaran ke Partai...
Politik14 Juni 2024 03:13
Cakada Usungan NasDem Kompak Kembalikan Formulir ke PSI
Sebanyak 18 Calon Kepala Daerah (Cakada) yang mendapat rekomendasi dari Partai NasDem kompak menghadiri acara pengembalian formulir di Partai Solidari...
Metro13 Juni 2024 21:46
Setelah Pakkatto, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Usulkan Penetapan 21 Desa Antikorupsi ke KPK
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan 21 desa untuk ditetapkan sebagai Desa Antikorupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)....
Metro13 Juni 2024 21:39
TP PKK Kota Makassar Gelar Sosialisasi Penyakit Menular dan Tidak Menular di Lorong PKK
TP PKK Kota Makassar telah mengadakan sosialisasi mengenai penyakit menular dan tidak menular di berbagai Lorong PKK di beberapa kecamatan. ...