Ini Penyebab Bawaslu Usulkan Digelarnya PSU di Pinrang

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 30 Juni 2018 03:09

Ini Penyebab Bawaslu Usulkan Digelarnya PSU di Pinrang
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikabupaten Pinrang membuktikan adanya upaya kecurangan yang cukup masif dalam proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang.

Dilakukannya PSU, dikarenakan adanya sejumlah kertas suara yang ada di dalam kotak suara tidak di tandatangani oleh petugas KPPS, yang mana kertas suara yang sah itu wajib ditanda tangani dengan tanda tangan petugas KPPS.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Amriyadi mengungkapkan di usulkannya PSU di dua TPS di kabupaten Pinrang karena ada sejumlah kertas suara yang dianggap ilegal masuk di dalam kotak suara saat akan di hitung.

“Kita menilai kertas suara yang tidak ditandai dengan tanda tangan petugas KPPS dianggap tidak sah, olehnya itu kita mengusulkan dilakukan PSU,'” Ungkapnya.

Bahkan kata dia tidak sedikit kertas suara yang dianggap ilegal ditemukan dalam kotak suara, namun mantan ketua KPU Soppeng ini tidak ingin mengatakan bila hal itu terjadi karena adanya upaya dugaan dilakukannya kecurangan.

Bahkan katanya bisa saja adanya kejadian dan kelalaian atau ketidak kesengajaan dari petugas KPPS yang sebelum menyerahkan kertas suara sura, terlenuh dahuli harus membubuhkan tanda tgangan Petugas KPPPS dikertas suara yang dibagikan kepada pilik suara.(Upi)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik20 April 2024 16:21
NasDem, Gerindra, dan Demokrat Membahas Strategi Hadapi Pilkada Serentak
Sekretaris DPW NasDem Sulsel, H Syaharuddin Alrif, Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin, dan Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah, mengadakan ...
Metro25 April 2024 19:58
Dihadapan Kader Gerindra, ASA: Izinkan Saya Maju Pilkada Makassar
Bupati Sinjai Periode 2018-2023 ajang juga Ketua Pengurus Daerah (PD) Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sulawesi Selatan Andi Seto Asapa di depan ratusan k...
Politik25 April 2024 18:45
Anak Yatim Kota Makassar Daulat Andi Seto Sebagai ‘Abul Yatama’
Bakal calon Walikota Makassar, Andi Seto Asapa mengaku sangat terharu saat dirinya didaulat sebagai Abul Yatama (Bapaknya Anak-anak Yatim). ...
Politik25 April 2024 18:04
KPU Tetapkan Prabowo Gibran Pemenang Pilpres, TIDAR dan Gerindra Makassar Gelar Syukuran
Partai Gerindra Kota Makassar bersama Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara Halal Bi Halal bersama pimpinan kecamatan s...
Daerah25 April 2024 14:12
Sambut HUT Lutra ke 25, Muh Fauzi Gelar Sejumlah Turnamen Olahraga
Anggota DPR RI Muhammad Fauzi turut berpartisipasi dalam rangka HUT Kabupaten Luwu Utara ke-25 tahun ini. ...