Samsat Mappanyukki Raih Dua Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

0
61

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel melalui Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan atau Samsat Mappanyukki meraih dua penghargaan atas inovasinya dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada ajang Jambore Inovasi Pelayanan Publik di Hotel Four Points by Sherator Makassar, Kamis (25/5) yang digelar Pemprov Sulsel, Transformasi-Giz, BaKTI, Kompak dan Bank Sulselbar.

Dua penghargaan tersebut yakni pelayanan pengesahan pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Care sebagai Top 29 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sulsel tahun 2019 dan Kriing PKB Samsat Care sebagai top 20 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sulsel tahun 2018.

Baca Juga  NA dan Lies Buka Puasa Bersama 300 Penyandang Disabilitas

Bukan hanya Bapenda Sulsel yang meraih penghargaan tersebut, sejumlah instansi di kabupaten/kota serta organisasi perangkat daerah di Provinsi Sulsel juga meraih penghargaan yang sama atas inovasi yang dilakukan untuk memudahkan pelayanan pada masyarakat.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap ke depan Sulsel akan menjadi kawasan peradaban baru. Sebab didukung potensi sumber daya alam yang besar serta SDM aparatur berkualitas yang berdaya saing.

Sementara Ketua Penyelenggara yang juga Asisten III Provinsi Sulsel Tautoto Tanaranggina menjelaskan Jambore Inovasi Pelayanan Publik merupakan yang pertama digelar di Sulsel untuk mendukung pencapaian visi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

Baca Juga  Pemilik Panti Pijat Ratu Pelangi Lakukan Perlawanan, Muh Mufli: Tempat Ini Mesti Disegel

Ia berharap melalui jambore tersebut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat berinovasi untuk memunculkan ide-ide baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan Saardi berharap UPT di bawah naungan Bapenda Sulsel meningkatkan pelayanan pada masyarakat dengan membuat inovasi-inovasi pelayanan.

Sedangkan Kepala UPT Makassar I Selatan Harmin Hamid berjanji akan semakin meningkatkan kinerja dan pelayanan pada masyarakat untuk memberikan kepuasan pada masyarakat.

Baca Juga  Berada di Luar Kota, Polisi Batal Minta Keterangan Irman YL

“Kami akan terus melakukan inovasi dalam pelayanan pada masyarakat sesuai dengan visi dan misi gubernur dan wakil gubernur,” katanya.

Ia menambahkan inovasi Samsat Care adalah pemberian kemudahan kepada wajib pajak yang sibuk atau sakit sehingga tak dapat ke kantor samsat membayar pajak.

“Samsat Care mendatangi wajib pajak yang sibuk atau penderita disabilitas. Kami tahu mereka tak bisa ke samsat karena berbagai sebab, namun kami care pada mereka dengan mendatangi mereka untuk memberikan pelayanan pembayarak pajak kendaraan,” kata Harmin.(*)