UMB Segera Dilaunching Status sebagai Universitas

Suriadi
Suriadi

Selasa, 11 Juni 2019 19:22

UMB Segera Dilaunching Status sebagai Universitas

TROTOAR.ID, BULUKUMBA — Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan Izin Perubahan status dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bulukumba menjadi Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) pada akhir Mei 2019 yang lalu, pihak Civitas Akademik UMB akan segera melakukan launching atau peresmian perubahan status tersebut

Hal tersebut diungkapkan oleh pimpinan UMB, Jumase Basra, dia mengatakan rencana launching UMB akan dilakukan oleh Menteri Ristek dan Dikti, Mohammad Nasir pada tanggal 27 Juni 2019 mendatang.

Jumase mengaku peresmian UMB dilakukan oleh karena UMB menjadi satu-satunya universitas di wilayah selatan Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga pihaknya akan melakukan peresmian secara meriah.

“Kita akan melakukan seremoni peresmian UMB ini dengan meriah, sehingga bisa terpublikasi lebih luas,” ungkap Jumase saat audiens dengan Bupati AM Sukri Sappewali  di Kantor Bupati terkait rencana peresmian UMB, Selasa (11/6/2019).

Rencana kegiatan peresmian yang akan dilaksanakan di Kampus II Kelurahan Mariorennu dirangkaian dengan kegiatan pameran pendidikan. “Mengenai agenda acaranya, akan dipastikan setelah kami melakukan koordinasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Makassar,” bebernya.

Merespon rencana launching UMB yang akan dihadiri oleh Menristekdikti, Bupati AM Sukri Sappewali menyambut baik rencana tersebut dan meminta dilaksanakan dengan semarak. Menurutnya ini adalah sebuah kemajuan dalam bidang pendidikan dengan hadirnya universitas di Kabupaten Bulukumba.

“Kami siap membantu untuk mensukseskan peresmian UMB ini, oleh karena bagaimana pun kita harus bangga dengan kehadiran UMB,” imbuh AM Sukri Sappewali.

Bupati AM Sukri Sappewali menyarankan agar pihak panitia mengundang para Kepala Daerah, khususnya kabupaten tetangga, termasuk para kepala SMA/SMK di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, setelah STKIP berubah status menjadi Universitas Muhammadiyah Bulukumba, perguruan tinggi ini memiliki 3 fakultas dan 8 program studi, yang terdiri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Non Formal.

Selanjutnya Fakultas MIPA dan Sains dengan Program Studi Peternakan, Kimia serta Aktuaria.  Adapun Fakultas Teknik hanya memiliki Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Menurut Jumase Basre, Program Studi Aktuari adalah program studi baru di UMB dan satu-satunya program studi yang ada di Sulawesi Selatan. 

“Mulai tahun ini juga, kami sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru UMB,” ungkapnya (***)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...