Warga Antusias Ikuti Kajian Akbar di Rujab Wagub

Suriadi
Suriadi

Senin, 02 Maret 2020 15:47

Warga Antusias Ikuti Kajian Akbar di Rujab Wagub

TROTOAR. ID, MAKASSAR, –– Rumah Jabatan (Rujab) Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel di Jalan Yusuf Dg. Ngawing, kembali disesaki warga, Minggu, 1 Maret 2020. Mereka sangat antusias mengikuti kajian akbar yang dibawakan Ustad Muhammad Abduh Tuasikal, dengan tema Bersegera, Tidak Telat.

Ustad kelahiran Ambon ini merupakan pengisi dan pembina Rumaysho.com, yang merupakan situs internet tentang ajaran Islam. Dirinya pun aktif menulis buku-buku Islam.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, kajian ini untuk menambah ilmu. Masyarakat juga bisa menjadikan momentum ini untuk bertanya dan mendapat pencerahan menurut syariah.

Dalam tausiyahnya, Ustaz Abduh Tuasikal mengatakan, tergesa-gesa itu asalnya dari setan. Terkecuali dalam lima hal.

Pertama, kata dia, menyajikan makanan jika ada tamu yang datang. Ia mencontohkan, kisah ketika Nabi Ibrahim kedatangan tamu, segera ketemu keluarga. Disajikan hidangan anak sapi yang gemuk. Kemudian disodorkan ke tamu. Dan keluarkan kalimat silahkan makan dengan bahasa yang halus.

Kedua, lanjut dia, bahwa mengurus jenazah ketika ada yang meninggal dunia. Mengurus jenazah hukumnya fardhu kifayah. Dalam mengurus jenazah, ada empat hal, yakni memandikan, mengkafani, menyolatkan dan menguburkan.

“Jika yang meninggal orang saleh, (dengan mengurus jenazah) kita telah menyegerakan kebaikan untuknya. Namun jika bukan orang saleh, kita mengangkat dan melepas keburukan dari tanggung jawab kita,” ucap Ustaz berusia 36 tahun ini.

Ketiga, menikahkan seorang gadis jika sudah bertemu jodohnya. Dalam syariat Islam, Rasulullah katakan, bahwa sebaik-baik mahar, itu yang paling mudah.

Keempat, kata Pimpinan Pesantren Darush Shalihin di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul ini, yakni melunasi utang ketika sudah jatuh tempo. Terakhir, segera bertaubat ketika berbuat dosa.

Diketahui, agenda ini rutin dilaksanakan oleh Andalan Mengaji, gerakan aktivitas sosial maupun keagamaan. Kehadiran Andalan Mengaji atas inisiasi Andi Sudirman Sulaiman beserta sang istri, Naoemi Octarina, yang juga Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik16 April 2024 00:38
PDI Perjuangan Kota Makassar Mulai Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota
DPC PDI Perjuangan Kota Makassar akan membuka pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar untuk Pilkada serentak tahun 2024, dimulai besok,...
Politik15 April 2024 23:29
Syahar Hingga Ilham Azikin Masuk Radar Cawagub Partai Nasdem
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan (Sulsel) Rusdi Masse menegaskan partainya akan menyiapkan sepuluh kader terbaiknya u...
Politik15 April 2024 22:15
RMS: Kalau Bukan Nasdem 01, Saya Pastikan Cagubnya Kader Nasdem  
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem, Rusdi Masse, menegaskan bahwa dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang, Nasdem akan menjaga prins...
Daerah15 April 2024 21:34
Dinas Kesehatan Sulsel Bergerak Cepat Kirim Bantuan untuk Korban Tanah Longsor di Tana Toraja
Dalam tanggapan cepat terhadap bencana tanah longsor yang melanda Kabupaten Tana Toraja, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) t...