UIN Alauddin Bahas Isu Kekerasan Seksual di Lingkup Kampus dan Bagaimana Mencegahnya

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 13 Februari 2021 22:03

Seminar nasional di lingkup kampus UIN Alauddin Makassar terkait pencegahaan kekerasan seksual.
Seminar nasional di lingkup kampus UIN Alauddin Makassar terkait pencegahaan kekerasan seksual.

TROTOAR.ID – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) bekerjasama Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Alauddin Makassar menggelar Seminar Nasional bertemakan “Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual: Sosialisasi Draft Peraturan Rektor Terkait Panduan Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual di Lingkup UIN Alauddin Makassar Tahun 2021”, kegiatan ini berlangsung secara daring via Zoom Cloud Meeting, Kamis (11/02/2020).

Narasumber dalam seminar tersebut diantaranya Penasihat DWP Kemenag RI Eny Yaqut Cholil sebagai keynote speaker, Ketua Sub Komisi Pendidikan Komnas Perempuan RI Prof Alimatul Qibtiyah, Pendiri Mimie Research Cirebon, Associate Rahima Jakarta, Koordinator PSGA se PTKI Dr Mahrus El- Mawa, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Selatan Dr dr Fitriah Zainuddin, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak UIN Alauddin Makassar Dr Rosmini Amin, Ketua Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar Dr Rahman Syamsuddin sebagai penyelaras dan dimoderatori oleh Dr Nila Sastrawati dari Divisi Advokasi PSGA UIN  Alauddin Makassar.

Sambutannya pembukanya Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis berharap kegiatan tersebut dapat memperkaya perspektif sebagai bahan dalam penyusunan draft Peraturan Rektor terkait Panduan Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual Di Lingkup UIN Alauddin Makassar.

“Masukan-masukan dari para Narasumber yang expert dalam isu ini, tentu akan menjadi basis pertimbangan dalam penyusunan Peraturan Rektor itu nantinya,” tutur Guru Besar Sosiologi UIN Alauddin tersebut.

Sementara itu, Eny Yaqut Cholil yang didapuk menjadi keynote speaker memaparkan bahwa kekerasan seksual merupakan masalah global yang masih marak terjadi dan bahkan terus berulang, baik di ruang privat, maupun di ruang publik.

Terlebih lagi, lanjut Eny, di masa pandemi yang masih terus berlangsung, kekerasan menjadi rentan terjadi akibat dari bertambahnya angka konflik, baik di dalam rumah tangga maupun masyarakat.

Mengutip data Pusat Pelayanan Terpadu  Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Komisi Nasional perempuan, tercatat kekerasan terhadap perempuan mengalami peningkatan sebesar 75% sejak pandemi covid 19 terjadi. 

Data Forum Pengada Layanan (FPL) yang dihimpun dari 25 organisasi menunjukkan bahwa telah terjadi 106 kasus dalam kurun maret-mei 2020, berdasarkan sistem informasi online Kementerian PPPA periode maret-april 2020 menunjukkan jumlah kasus kekerasan pada perempuan dewasa mencapai 173 kasus, dengan rata-rata 3 kasus perhari, sementara itu data dari januari-juni 2020 terjadi 329 kasus kekerasan seksual pada perempuan dewasa, 1849 terhadap anak, baik perempuan maupun laki-laki, kasus di ranah publik ada 2521 kasus, dan 2988 kasus di ranah privat.

Eny juga mengungkapkan bahwa sekolah dan kampus menjadi ruang publik yang berpotensi menjadi lokus terjadinya kekerasan seksual, sebagaimana survei yang dirilis Koalisi Ruang Publik Aman tahun 2019 yang menempatkan sekolah dan kampus di urutan ketiga sebagai ruang publik terjadinya kekerasan seksual setelah jalanan umum dan transportasi publik.

“Pola kekerasan seksual tidak mudah diduga dan dapat menimpa siapa saja, mulai dari balita hingga orang yang berusia lanjut, dan paling banyak dialami oleh perempuan” pungkasnya.

Eny menambahkan bahwa Kekerasan berbasis gender (KBG) lebih banyak terjadi pada perempuan dan anak perempuan daripada laki-laki dan anak laki-laki.

Itulah mengapa istilah KBG seringkali digunakan secara bersamaan dengan istilah kekerasan pada perempuan, karena konstruksi gender telah menempatkan perempuan sebagai kelas kedua dalam masyarakat.

“Relasi kuasa yang tidak setara ini mengakibatkan perempuan menjadi sangat rentan terhadap kekerasan,” imbuhnya.

Penulis : Alam/trotoar.id

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...