Aras Singgung Perluasan Bandara Sultan Hasanuddin, Pembangunan Rel Kereta Api, hingga Tol Pettarani

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Jumat, 19 Februari 2021 18:39

Anggota DPR RI Muhammad Aras (*)
Anggota DPR RI Muhammad Aras (*)

TROTOAR.ID – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras meminta pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan (Sulsel) tetap harus berlanjut di tengah refocusing anggaran karena pandemi Covid-19.

Menurutnya, infrastruktur tersebut merupakan proyek strategis nasional yang harus mendapat perhatian pemerintah pusat. 

“Pembangunan Sulawesi Selatan harus berlanjut. Kalaupun ada refocusing yang sedang berjalan saat ini, tentu pembangunan yang prioritas dan strategis di Sulawesi Selatan harus dilanjutkan,” kata Aras usai mengikuti rangkaian Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Sulsel, Selasa (16/2/2021).

Ada beberapa pembangunan infrastruktur di Sulsel yang menjadi prioritas nasional, seperti perluasan kapasitas Bandara Sultan Hasanuddin, pembangunan transportasi kereta api, jalan by pass Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata), tol layang, dan pelabuhan. Semua proyek ini dibiayai APBN.

Soal perluasan kapasitas bandara, misalnya, politisi PPP ini berharap pembangunannya terus digenjot agar tepat waktu sesuai jadwal. Dengan begitu masyarakat pengguna jasa transportasi udara bisa segera memanfaatkannya. Kapasitas Bandara Sultan Hasanuddin semula hanya 7 juta penumpang per tahun. Kini, diperluas menjadi 13 juta penumpang per tahun. 

Landscape bandara bisa menjadi icon baru Sulsel. Kelak, bandara bisa digunakan selain untuk kegiatan bisnis juga pariwisata. Layanan di bandara pun bisa memuaskan pelanggan pengguna jasa transportasi udara,” ucap Aras yang juga legislator dapil Sulsel II. Ia melanjutkan, soal pembangunan jalan by pass Mamminasata jadi jalan alternatif yang strategis untuk mengurai kemacetan. 

Hanya saja masih ada persoalan yang menghambat pembangunan jalan ini, yaitu pembebasan lahan yang tak kunjung selesai. Padahal, anggaran pembebasan lahannya juga sudah disiapkan dari APBN. Tinggal bagaimana pendekatan kepada masyarakat pemilik lahan agar lebih persuasif. “Pemerintah Provinsi harus segera menyelesaikan persoalan lahan di by pass Mamminasata,” seru Aras.

Sementara mengomentari soal pembangunan tol layang Pettarani yang kini sudah 100 persen rampung, Aras berharap agar segera bisa difungsikan. 

Lanjut, tol tersebut berada di dalam kota yang manfaatnya juga untuk mengurai kemacetan di Kota Makassar. Kemacetan di ibu kota Sulsel ini kian parah karena tidak dibarengi dengan perluasan kapasitas jalan. 

“Tol Pettarani harus segera diresmikan agar kemacetan segera terurai. Bila sudah difungsikan, perekonomian di Sulsel bisa segera membaik ke depan,” imbuhnya lagi. (mh/sf)

Penulis : Admin

 Komentar

Berita Terbaru
Jadi Tersangka, Firli: NA Berulang Kali Terima Fee Proyek di Sulsel
Nasional28 Februari 2021 02:17
Jadi Tersangka, Firli: NA Berulang Kali Terima Fee Proyek di Sulsel
TROTOAR. ID MAKASSAR -- Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menetapkan Nurdin Abdullah Gubernur Sulawesi Selatan dalam kasus Dugaan Tindak Pidana Koru...
Jaga Kebugaran Sebelum Beraktivitas, Danny-Fatma Gowes Bareng Komunitas Sepeda
News27 Februari 2021 13:48
Jaga Kebugaran Sebelum Beraktivitas, Danny-Fatma Gowes Bareng Komunitas Sepeda
TROTOAR.ID, MAKASSAR --- Sehari pasca-dilantik sebagai walikota dan wakil walikota Makassar, Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi kompak mengawali akhir peka...
Buka Musda Toraja Utara, TP Paparkan Paradigma Golkar Baru
Politik27 Februari 2021 12:51
Buka Musda Toraja Utara, TP Paparkan Paradigma Golkar Baru
TROTOAR.ID, TORAJA UTARA -- Ketua DPD I Partai Golkar Taufan Pawe (TP) membuka musda Golkar Toraja Utara di Hotel Hiltra Rantepao, Sabtu 27 Februari 2...
Hadiri Musda Golkar Torut, Taufan Pawe Kenakan ‘Passapu’ Adat Toraja
Daerah27 Februari 2021 11:18
Hadiri Musda Golkar Torut, Taufan Pawe Kenakan ‘Passapu’ Adat Toraja
TROTOAR.id—Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Taufan Pawe, tampak mengenakan salah satu pakaian adat Toraja, yakni Passapu...